Jumat, 23 September 2011

TUGAS PERKEMBANGAN MASA REMAJA (ADOLECENSE)


BAB I
PENDAHULUAN

            Dalam dunia perkembangan peserta didik, hal ini dilalui dengan masa –  masa atau periodesasi dimana di mulai dari masa :
- prenatal : sejak terjadinya proses pembuahan sampai lahir (0-9 bulan),
- masa bayi: yaitu sejak kelahiran 18 – 24 bulan,
- masa anak-anak awal (early chilhood) : sejak kelahiran bayi usia ( 5 – 6 )tahun, - masa anak – anak tengah (middle childhood) : usianya berkisar ( 7 – 9 ) tahun, - masa anak – anak akhir (late childhood ): pada masa ini berusia sekitar ( 10 – 12 ) tahun,
- masa remaja (adolescence): berusia sekitar (10 – 12 ) tahun sampai (18 – 22) tahun,
- masa dewasa awal (18 – 22 ) – 30 tahun atau muda (young adulthood),
- masa pertengaha dewasa ( 35 – 45 ) tahun (middle adulthood ), dan
- masa dewasa akhir pada usia akhir pada usia ( 45 -60- 70) tahun (late adulthood).
            Bila dikaji dengan cermat fokuskan perhatian kita kepada peserta didik sangat menarik untuk membahas masa pranatal hingga masa kematian . Dengan mempelajari perkembangan peserta didik, kita akan memperoleh keuntungan yang kita lihat dari periode – periode yang akan datang.
            Psikologi perkembangan akan secara terbuka mengungkap proses, atau aspek psikologi yang dimulai dari tahap kognitif, tahap biologis dan yang terakhir tahap sosio emosinal dimana. Ketiga tahap tersebut saling berkaitan antara tahap satu dengan tahap – tahap selanjutnya.     

A. Latar Belakang
Ada seperangkat hal yang harus dimiliki remaja dalam mempersiapkan diri memasuki kehidupan dewasa agar dia memiliki kehidupan masa dewasa agar dia memiliki keutuhan pribadi dalam arti yang seluas-luasnya. Dari segi individu, apa yang harus dimilikinya itu dikaitkan dengan perkembangan pikir, sikap dan perasaan, kemauan, dan perbuatan nyata.
Banyak tuntunan dari faktor-faktor sosial, religius, serta nilai dan norma yang mendorong remaja memikul beban tugas dan tanggung jawab. Harapan dan tuntunan itulah yang melatarbelakangilahirnya tugas-tugas perkembangan remaja, yang oleh R.J Havighurst developmental task. Secara sederhana, makna tugas perkembangan dimaknai sebagai berikut :
a.      Tugas perkembangan adalah petunjuk yang memungkinkan seseorang untuk mengerti dan memahami harapan atau tuntunan masyarakat dan lingkungan lain terhadap seseorang dalam usia tertentu. Arti ini mengandung makna; pertama; dari segi orang dewasa, dia mengetahui hal-hal yang harus diajarkan kepada anak-anak sesuai dengan yang diharapkan oleh lingkungannya (khususnya bagi masa kanak-kanak), dengan mengetahui hal-hal yang harus ditanamkan dan dikuatkan dalam membimbing seorang anak dalam masa pubertas dan masa remaja. Kedua; dari segi anak yang sadar menuju kedewasaannya, dia dapat mengetahui hal-hal yang harus dipelajari dan dikuasai dalammasa kehidupan tertentu yang sesuai dengan tuntunan masyarakat dan lingkungan yang lebih luas.
b.      Tugas perkembangan merupakan petunjuk bagi seseorang tentang harapan pada masa yang akan datang. Arti ini mengandung makna, dari segi pendidik, dia dapat mengetahui hal-hal yang harus dikuasai oleh anak didiknya (kelak dalam masa pubertas, masa remaja, masa dewasa dan masa tua) sehingga dapat hidup lebih ”well-ajusted”. Dari segi anak didik (dalam masa pubertas, remaja), dia dapat memandang jauh ke depan sehingga mengetahui bahwa dalam masa dewasa dan masa tuanya kelak terdapat seperangkat tugas perkembangan yang harus dikuasainya sehingga di kelak dapat lebih ”well-ajusted”.

B. Permasalahan
·     Apa Masa Remaja itu ?
·     Apa Pengertian Tugas Perkembangan Remaja ?
·     Apa saja Jenis dan Tugas Perkembangan Remaja ?
·     Meliputi Apa sajakah Faktor-faktor yang Berpengaruh Pada Tugas Remaja ?
·     Apa Batasan Usia dan Ciri-ciri Remaja ?
·    Bagaiman  Perubahan Psikologi Remaja ?
·     Dan Apa Teori-teori  Tumbuh Kembang Remaja ( Adolescence ) ?
C. Tujuan penulisan
-   Sebagai salah satu tugas Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin