Rabu, 29 Juni 2016

Olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW

Apa Anda sudah tahu olahraga apa yang disukai dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW? Ternyata Rasullullah mengajarkan kita untuk hidup sehat melalui berolahraga. Jadi olahraga itu merupakan salah satu hal yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW. Olah raga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW antaralain:

Sabda Rasulullah SAW :

“Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(Riwayat Muslim)

1. Panahan/memanah
Apa manfaat olahraga memanah? Ternyata latihan memanah akan melatih emosi dan fisik untuk meletakkan target pada sasaran. Memanah sangat menitik beratkan body balancing. Maka jika pemanah emosinya tertekan, maka panahan amat mudah tersasar. Secara tidak langsung,  ini melatih manusia tenang, konsentrasi dan menstabilkan emosi. Individu yang tidak tenang, gopoh, pemarah, kurang sabar atau kurang sehat mentalnya tidak akan menjadi pemanah yang baik.

Perbuatan melenturkan anak panah di busurnya, kemudian melepaskannya perlu satu kekuatan fisik, ini juga satu latihan holistik kepada diri seseorang dari segi fisik dan mental.

Di Hadist lain dijelaskan:
Bersabda Rasulullah SAW, ”Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (Riwayat Bazzar, dan Thabarani dengan sanad yang baik)

2. Berkuda
Selain olahraga memanah, Rasulullah SAW juga suka olahraga berkuda. Berkuda sangat baik untuk kesehatan. Seluruh anggota tubuh atau badan dari kepala sampai kaki, dari fisik hingga mental akan dapat manfaatnya. Bentuk lekuk badan belakang kuda (tempat tunggangan) baik untuk merawat segala masalah tulang belakang manusia.

Sewaktu pergerakan galloping yaitu cara kuda melompat dan berlari, menyebabkan vetebra tulang belakang manusia bergeser antara satu sama lain dalam keadaan harmoni, dan merangsang saraf-saraf tulang belakang, seolah-olah diurut, sedangkan pakar chiropraktik pun tidak mampu berbuat seperti gerakan natural tulang-tulang veterbra sewaktu orang menunggang kuda.

3. Berenang
Selain panahan dan berkuda ada lagi olahraga yang disarankan oleh rasulullah SAW. Olah raga itu adalah berenang. Sewaktu berenang, mental, fisik, semua otot dan tulang rangka digerakkan untuk membuat satu gerakan yang berkoordinasi antara dua anggota kaki dan dua anggota tangan, selain merangsang stamina (sistem kardiovaskular), berenang juga memberi peluang manusia untuk menguasai air serta menjadi berani.

Islam menganjurkan umatnya hidup sehat dan kuat sebagaimana hadis Rasulullah s.a.w, "Orang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih Allah kasihi daripada mukmin yang lemah". (riwayat Muslim) 
Sumber: (http:// forum. kompas .com/ kesehatan/  55915- olah-raga-yang-disarankan-nabi-muhammad-saw. html)
olahraga-anjuran-nabi 
 
Nah sekarang kita tahu, bahwa olah raga adalah suatu hal yang disukai oleh Rosulullah SAW dan kita juga tahu, olah raga apa saja yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, sebagai muslim yang ingin dicintai Allah SWT dan Rasulullah SAW kita sebaiknya meniru dan melakukan hal yang dianjurkan/disarankan dan dilakukan oleh Nabi kita. Karena hal itu akan sangat bermanfaat bagi kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin