Kamis, 21 Maret 2013

Abstrak Penelitian Oleh Wahyu Azisi Pamularsih



PEMANFAATAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK
SMA KARTIKATAMA METRO

ABSTRAK

Pamularsih Azisi, Wahyu: 2013. Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA Kartikatama Metro. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Dibawah Bimbingan (1) Prof. Dr. H. Marzuki Noor, M.s. (2) Prof. Dr. H. Juhri. AM, M.Pd.

Kata Kunci    : Kemandirian Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok

Dalam proses pendidikan, peserta didik dituntut agar dapat mengusahakan dirinya untuk mampu belajar secara mandiri. Ketika peserta didik belajar dengan caranya sendiri, mereka akan mengembangkan kemampuan untuk memfokuskan diri, dan memiliki tanggung jawab pribadi atas apa yang mereka pelajari. Rumusan masalahnya adalah Apakah melalui layanan bimbingan kelompok  dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama Metro. Tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti yaitu ingin mengetahui hambatan yang timbul dalam belajar dapat membantu peserta didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013, layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013, hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013.
Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan layanan. Sampel yang diambil yaitu peserta didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Dengan jumlah 10 peserta didik yang terdiri dari 7 putra dan 3 putri. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode observasi dan wawancara bimbingan kelompok. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013, adalah terlihat pada perubahan kemandirian belajar peserta didik, seperti mempunyai kemampuan dalam berinteraksi dan keaktifan dalam belajar, memiliki keasadaran untuk belajar, dapat memanfaatkan waktu belajar, memiliki semangat untuk belajar sendiri, dan tidak tergantung pada orang lain. Terdapat peningkatan kemandirian belajar peserta didik pada siklus I dilihat dari rata-rata presentase yaitu sebesar 38% dan pada siklus II sebesar 75%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 37%. 


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2010. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharmini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. 2011. Penilaian & Penelitian Bidang Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Aditya Media.

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta didik). Bangung: Pustaka Setia.

Feriana. 2012. Dinamika Kelompok. (Onlie). http://.guidance.counselling/ dinamika kelompok.htm. Diakses 12 Juni 2012

Hidayat, Dede Rahmat dan Aip Badrujaman. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: Indeks.

Huraerah, Abu & Purwanto. 2010. Dinamika Kelompok Konsep dan Aplikasi.
Bandung: Refika Aditama.

Kholifah, Nur. 2010. Model Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2008/2009. Lampung: Universitas Negeri Lampung.

Karwono dan Heni Mularsih. 2010. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas Jaya.

Neviyarni. 2009. Pelayanan Bimbingan Dan Konseling (Berorientasi Khalifah Fil Ardh). Bandung: Alfabeta.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2009. Bimbingan dan Konseling dalam Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Pedoman penulisan karya ilmiah (Skripsi, artikel dan makalah). 2008. Universitas Muhammadiyah Metro.



Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profesi). Padang: Ghalia Indonesia.

_______. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
_______. 2004. Seri Layanan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi Dan Manajemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

____________. 2008. Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya: Unesa University Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Fakror-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subliyanto. 2003. Kemandirian Belajar. Blogspot. (Online). http://subliyanto. blogspot.com/2011/05/kemandirian-belajar.html. Diakses 13 September 2012.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Tabanan: Rineka Cipta.

Tirtarahatdja, Umar dan La Sula. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Raja Grafindo Persada.

Walgito, Bimo. 2004. Bimbingan dan Konseling (studi dan karir). Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin