Jumat, 27 April 2012

CONTOH SATLAN


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah                                            :
Kelas / Semester                              : X/ 2
Tahun                                               : 2011/2012


A.Topik permasalahan
Motivasi  Berprestasi
B. Standar Kompetensi
Merencanakan dan mengembangkan motivasi diri

C. Kompetensi Dasar
Memiliki sikap,kebiasaan dan keterampilan belajar yang efektif dan efesien serta produktif, dengan sumber belajar yang lebih bervariasi dan kaya
D. Tugas Perkembangan
Mengembangkan Penguasaan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan  karier atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas
E. Bidang Bimbingan
Bimbingan Karier, pribadi
F. Jenis Layanan
Layanan Penguasaan Konten
G. Fungsi Layanan
Pengembangan
H. Tujuan
-          Siswa dapat memahami filosofi motivasi
-          Siswa dapat mengenali ciri-ciri motivasi berprestasi yang tinggi
I.Sasaran Layanan
Siswa kelas X
J. Uraian Kegiatan
  1. Strategi Penyajian










  1. Materi
Alternatif: 
a.   Klasikal, dengan ceramah, tanya jawab
b.   Bimbingan Pribadi, melalui konsultasi secara individual
c.   Bimbingan kelompok, memecahkan masalah dengan diskusi
d. Tugas
 1. Tugas Terstruktur ( TT )
       a.  Sumber belajar
            -  Referensi     :   Modul  dan buku materi BK kelas X
            -  Bahan Ajar  :  Lembar kerja
        b.  Metode
            -  Diskusi, tanya jawab
2.  Tugas Mandiri Tidak Terstruktur ( TMTT )
Materi meliputi;
-          Pengertian Motivasi
-          Filosofi Motivasi              
-          Tanda orang yang memiliki motivasi kesuksesan tinggi

K. Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas
L. Waktu
2 X 45 menit
M. Seting Pelayanan BK







a. Pendahuluan
- Melakukan apersepsi
  -   Memberikan pengertian umum motivasi dan filisofi Motivasi
b. Inti
-        Siswa diminta untuk menggambarkan dan membedakan antara motivasi instrinsik dan ekstrinsik serta mampu memberi contoh dalam kegiatan sehari-hari
-        Siswa diminta untuk menilai dirinya sendiri termasuk golongan manakah ia dalam kategori siswa Motivasi Berprestasi
c. Penutup
-         Memberikan kesimpulan
-         Pemberian tugas tidak terstruktur dengan menuliskan kisah kisah orang yang bermotivasi tinggi
N. Penyelenggara Layanan
Hadi Pranoto
O. Pihak-pihak yang disertakan

P. Alat dan Perlengkapan
Buku , Spidol, Whiteboard, LCD
Q. Rencana Penilaian
Laijapang
R. Rencana Tindak Lanjut
Konsultasi dan Diskusi kelompok
S. Catatan Khusus
  


Mengetahui
Dosen Pembimbing Mikro





Drs.H.SUKIRMAN, M.Pd

Metro, ... 2012
Mahasiswa BK





HADI PRANOTO
NPM.09130491


Motivasi  Berprestasi

1. Pengertian Motivasi
Motvasi adalah daya penggerak didalam diri seseorang untuk berbuat sesuatu.(Juhri. 2009)
Motivasi merupakan kondisis internal individu yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Peran Motivasi adalah sebagai pemasok daya atau energi untuk bertingkah laku secara terarah  ( Gleitman 1986, Reber 1988 dalam Muhibinsyah,2000 )

2.  Filosofi Motivasi
a.   Pada hakekatnya motivasi diyakini sebagai hasil penguatan ( Reinforcement )
b.   dorongan seseorang untuk menunjukkan bahwa dirinya positif ( Seseorang yang baik ) adalah motivasi untuk mendapatkan standar kepuasan diri ( Cognitive dissonance )
  1. Teori Atribusi menemukan dua fenomena motivasi :
            Siswa yang meyakini bahwa sukses atau gagal itu disebabkan oleh faktor kemampuan dan usaha dalam diri  ( Internal )
           Siswa yang percaya bahwa berhasil atau gagal itu disebabakan oleh faktor luar diri ( eksternal ). Keyakinan inilah yang perlu diluruskan
  1. Teori Self-Worth
Seorang individu itu belajar dari persepsi masyarakat bahwa seseorang itu di nilai dihargai karena prestasinya. Kegagalan akan membuat perasaan diri yang tidak berharga
  1. Teori Ekspektasi
Motivasi seseorang tergantung pada peluang/ besarnya kemungkinan berhasil dan bagaimana makna suatu keberhasilan itu bagidirinya
f.    Teori Humanistik
Dorongan jiwa tergerak karena seseorang inginmemenuhi kebutuhan-kebutuhanya. Kebutuhan yang menggerakkan orang bertingkah laku adalah ;
1.                 Kebutuhan fisik ( Makan, Minum )
2.                 kebutuhan rasa aman
3.                 Kebutuhan untuk dikasihi
4.                 kebutuhan untuk memperoleh pengakuan
5.                 Kebutuhan ingin tahu
6.                 kebutuhan untuk mendapatkan keindahan
7.                 Kebutuhan ingin mewujudkan diri untuk menjadi apapun yang diinginkan
3.               Motivasi Instrinsik dan ekstrinsik
Secara umum motivasi dapat dibedakan dua jenis yaitu;
a.            Motivsi intrinsik yaitu doronganyang bersumber dari dalam diri  sesorang
b.           Motivasai Ekstrinsik adalah dorongan untuk berbuat sesuatu yang berasal dari luar diri
4.      Motivasi berprestasi
termasuk golongan manakah anda dari kategori ini
  1. orang Santai saja
  2. Orang yang selalu pro aktif

Pastikan Motivasi anda tinggi tanda-tandanya antara lain;
  1. Lebih suka atau puas terhadap prestasi hasil usaha sendiri
  2. sukses bukan karena nasib mujur
  3. kegagalan bukan berarti sial
  4. Suka tantangan
  5. Memilih pekerjaan  dengan seksama
  6. Selalu mengevaluasi dan mencari umpan balik

Sumber :
AM, Juhri.2009. Landasan Dan Wawasan Pendidikan Suatu Pendekatan Kompetensi Guru. Jakarta : LIMLIT UM Metro Press.



Text Box: Buatlah tanggapan atas wacana diatas manakah yang selalu anda lakukanTugas :


















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin