Selasa, 18 Oktober 2011

kOMUNIKASI


KOMUNIKASI TIDAK EFEKTIF


Sebelum mengetahui lebih dalam komunikasi tidak efektif saya akan menjelaskan tentang komunikasi terlebih dahulu. Komunikasi itu berdasarkan baik dan tidak penyampaiannya, dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
1. komunikasi efektif
2. komunikasi tidak efektif.
Disini saya akan menjelaskan berdasarkan tugas adalah: pada bagian ke-2 yaitu “Komunikasi Tidak Efektif”. Sebelum mengarah ke pokok bahasan saya akan menjelaskan berbagai macam pengertian komunikasi dari fersi lain.


*      Pengertian Komunikasi

Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”), secara etimologi atau menurut asal katanya adalah dari bahasa latin communikatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi secara etimologis merujuk pada adnya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlihat adalah manusia. Karena itu merujuk pada pengertian
“komunikasi manusia yaitu : bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.”(Ruben dan Steward,(1998:16))
Untuk memahami pengertian komunikasi tersebut sehingga dapat di lancarkan secara efektif dalm Effendy (1994:10). Bahwa para peminat komuikasi seringkali mengutip paradigma yang dikemukakan oleh Harold Lasswell dalam karyanya, “The Structure and Function of Communication in Society”.
Lasswell mengatakan bahwa cara yang baik untuk menjelaskan komunikasi ialah dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut:
1. Who says what in
2. Which channel to
3. Whom whit what effect?
Paradigma Lasswell di atas menunjukkan bahwa komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu, yaitu :
1. Komunikator (siapa yang mengatakan?)
2. Pesan (mengatakan apa?)
3. Media ( melalui saluran/channel/media apa?)
4. Komunikan (kepada siapa?)
5. Efek (dengan dampak/efek apa?)
Jadi berdasarkan paradigma Lasswell tersebut, secara sederhana proses komunikasi adalah : pihak komunikatar membentuk (encode) pesan dan penyampaiannya melalui sesuatu saluran tertentu .
Komunikasi adalah : proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku.


*      Pengertian Komunikasi Tidak Efektif

Komunikasi tidak efektif adalah : penerima pesan oleh komunikan (receiver) tidak sesuai dengan pesan yang dikirim oleh komunikator (sender), kemudian komunikasi tidak memberikan respon yang positif sesuai dengan yang diharapkan tidak memahami apa yang dibicarakan, tidak mengerti apa yang dimaksud sering terjadi salah paham tentang isi pesan antara pengirim dan penerima pesan maka terjadilah komunikasi yang tidak efektif ini.
Pengertian komunikasi tidak efektif dalam hal di bidang/pada sisi lain yaitu perusahaan.
~ Komunikasi tidak efektif adalah : sebuah proses dimana anda mengirim atau menerima pesan dengan tidak mengetahui benar apa arti maksud pesan itu. Ketika seseorang karyawan tidak dapat menyelesaikan tugas-tugasnya, mungkin saja kegagalan itu disebabkan oleh komunikasi yang tidak efektif antara atasan dan karyawan.

*      Pengertian Komunikasi Tidak Efektif  Berdasarkan Para Tokoh/Ahli

v     “komunikasi tidak efektif terjadi ketika salah satu sumber tidak menyampaikan pesan dengan baik kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima”.(Gerald R. Miller)
v     “komunikasi tidak efektif adalah : proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) tidak menyampaikan rangsangan (biasanya lembaga-lembaga verbal) untuk mengubah prilaku orang lain (komunikate)”.(Carld R. Miller)
v     “setiap tindakan komunikasi tidak efektif dipandang transmisi informasi tidak ada rangsangan yang diskriminatif, dari sumber kepada penerima”.(Theodore M. Newcomb)
v     “setiap proses pembentukan makna diantara dua orang atau lebih apabila tidak itu berarti komunikasi tidak efektif”.(Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss)
v     “komunikasi tidak efektif adalah : proses yang tidak memahami dan tidak berbagi makna”.(Judi C. Pearson dan Paul E. Nelson)
v     “komunikasi tidak efektif adalah : suatu transaksi tidak dinamis yang tidak melibatkan gagasan dan perasaan”.(William I. Gordon)
v     “komunikasi tidak efektif adalah : tidak berbagi informasi antara dua orang atau lebih”.(Donald Byker dan Loren J. Anderson)







Unsur-unsur ketidakefektifan  yang ada pada pengirim akibat komunikasi yang buruk :
a.) Komunikator/sender/pengirim
1. tidak menyampaikan pesan dengan jelas
2. tidak memilih media yang tepat
3. tidak meminta respon/tidakm ada respon
4. pesan overload
5. bad timing (prhatian buruk/tidak penuh)

b.) Komunikan/receiver/penerima
1. tidak konsentrasi
2. tidak memberi feedback

c.) Channel/salura/media
1. not audible
2. not visual
3. not audio visual

Ø      Aspek-aspek yang terdapat dalam komunikasi tidak efektif adalah sebagai berikut :
1. Ketidakjelasan (unclarity)
Maksudnya dalam berkomunikasi tidak jelas asalnya, pengirimnyan dan kalimatnyapun tidak jelas.
2. Ketidaktepatan (unaccuracy)
Maksudnya dalam berkomunikasi tidak tepat dalam hal waktu, kondisi yang sesuai. Contoh : orang menelpon malam misalnya jam 01.00 malam posisi orang tidur nyenyak terganggu dengan suara telepon dan diangkat ternyata hanya orang iseng-iseng atau mainan dikira orang tersebut ada berita penting karena mengejutkan saja jadi tidak efektif dan tidak tepat waktunya.
3. Tidak ada kontek (uncontek)
Maksudnya tidak ada tujuan, omongan (pembicaraan) kalimatnya.
4. Tidak ada Alur (unflow)
Maksudnya tidak menkondisikan dimana dia berada atau tempatnya orang berkomunikasi itu dilihat adalah supaya efektif dilihat dari cara berbusananya harus sesuai dengan tempat dan kondisi.
Contoh: undangan ulang tahun menggunakan baju resmi pasti berkomunikasi akan segan memperhatikan nya dan terjadi komunikasi yang tidak efektif.
5. Tidak memperhatikan budaya (unattention culture)
Contoh: dalam berkomunikasi dimisalkan yang satu orang jawa dan yang satu orang belanda sama-sama tidak bisa bahasa daerah asal masing-masing pasti ini akan memisahkan dalam komunikasi dan komunikasi tidak efektif karena menggunakan budaya bahasa mereka yang berbeda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin