Minggu, 24 April 2016

Manfaat Sehat Punya Hewan Peliharaan



KOMPAS.com - Layaknya punya banyak sahabat, kehadiran sahabat berkaki 4 juga memberikan manfaat sehat. Selain membuat Anda terhindar dari risiko merasa kesepian, menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan memberikan 3 manfaat ini:

Hewan peliharaan turunkan hormon stres
Ketika Anda sedang memanjakan hewan peliharaan, ia bukan satu-satunya yang mendapatkan rasa tenang lewat usapan lembut Anda dari kepala hingga ekornya.
Tapi, Anda pun akan merasakan ketenangan. Bergaul dengan anjing atau kucing setelah mengalami tekanan berat bisa membantu Anda mengurangi hormon stres kortisol, kata Sandra Barker PhD, direktur Pusat Interaksi Manusia-Hewan di Virginia Commonwealth University School of Medicine.
Selain itu, bermain dengan anjing juga dapat meningkatkan oksitosin, yaitu hormon dengan efek anti-stres.


Hewan peliharaan stabilkan tekanan darah Anda
"Stres merupakan salah satu pemicu utama yang dapat mempercepat detak jantung dan naiknya tekanan darah," kata Lynne T. Braun PhD, profesor keperawatan di Rush University di Chicago.
Kehadiran hewan peliharaan bisa menawarkan relaksasi unik bagi para pemiliknya. Bahkan, satu studi di Australia menunjukkan, bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memilikinya.

Hewan peliharaan memudahkan Anda mencari solusi
Jika Anda merasa khawatir berlebihan akibat masalah yang belum terselesaikan, hewan peliharaan dapat membantu mengolah pikiran Anda dalam satu perspektif.
"Hewan peliharaan memberi kita kesempatan untuk menjangkau sesuatu di luar kemampuan diri," jelas Debra F. Horwitz, DVM, seorang behavioris hewan bersertifikat. Jadi, setiap kali Anda merasa sangat stres, ajaklah anjing Anda untuk berjalan kaki selama 10 menit.
Melihat anjing Anda menghargai hal-hal kecil di sekitarnya, akan membantu Anda melakukannya juga, sehingga hati lebih tenang dan pikiran lebih terbuka.
Penulis: Ayunda Pininta
Editor : Bestari Kumala Dewi
Sumber: www.health.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin