Kamis, 14 Februari 2013

TOLOK UKUR KEBERHASILAN KONSELING


TOLOK UKUR KEBERHASILAN KONSELING

            Tolok ukur keberhasilan konseling dapat dilihat dari proses dan kegiatan layanan  yang diberikan kepada klien oleh konselor yang inti permasalahannya itu telah teruangkap.
            Dan  dari permasalahan tersebut klien sudah memiliki alternative untuk memecahkan masalah yang di alaminya, selain itu konselor juga telah memberikan beberapa alternative agar klien dapat memilih untuk mengambil keputusan pada saat proses konseling berlangsung, setelah klien bisa memutuskan keputusan secara mandiri denngan baik seperti dalam asas kemandirian yakni  klien harus secara mandiri dalam mengambil keputusan terkait dengan masalah yang dialaminya dan tidak harus tergantung pada konselor.
Cirri-ciri dari kemandirian seorang klien :
-          mampu mengenal diri sendiri( kelamahan dan kelebihan)
-          memahami diri sendiri
-          mampu menerima diri sendiri
-          menggunakan  atau memanfaatkan / mendayagunakan

            Keberhasilan konseling tidak lepas dari adanya kegiatan pendukung dan layanan yang diberikan oleh  guru pembimbing, selain itu adanya kerja sama  antar personil ( konselor dan klien) yang saling mendukung dalam proses pelaksanaan kegiatan layanan konseling tersebut. Dalam proses pemberian bimbingan  tugas pokok dan fungsi layanan konseling sanagat menunjang  dalam pengentasan masalah yang di hadapi klien dari konselor/ guru pembimbing.

             Dari  proses  uraian kegiatan layanan konseling tersebut di atas dapat di simpulkan bahwasanya tolok ukur keberhasilan koseling dapat di lihat dari perubahan klien setelah mengikuti proses konseling tersebut. Hal ini dikarenakan tidak lepas dari  adanya kerja sama antara konselor dan klien yang dari klienya sudah sukarela  dan terbuka dalam mengungkapkan  permasalahan yang di alaminya kepada konselor/ guru pembimbing berjalan dengan baik, sehingga konselor / guru pembimbing memberikan solusi kepada klien.
            Yang lebih penting lagi adalah pribadi diri kita bahagia dan bisa membuat klien/ orang lain merasa senang karena masalahnya terentaskan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin