Senin, 04 Februari 2013

7 tips mencegah bahaya narkoba dan cara menghindarinya

Dari diri sendiri
1. Komitmen
Komitmen merupakan cara paling ampuh dalam mencegah pengaruh dari teman untuk mengkonsumsi narkoba. Selama kita berkomitmen untuk tidak menggunakan narkoba insya Allah kita akan terhindar dari yang namanya Narkoba.
2. Fokuslah Pada tujuan
Dalam menjalani segala sesuatu hendaknya fokus pada tujuan walaupun rintangan menghadang.Selama kita memandang masalah yang ada pada diri kita maka masalah tersebutlah yang akan kita dapatkan, akan tetapi bila kita fokus pada tujuan maka masalah tersebut dengan sendirinya akan hilang (tentunya dengan kita berusaha). Seperti halnya pada Narkoba kalau kita memikirkan mengapa teman-teman mengajak saya untuk mengkonsumsi narkoba (fokus pada masalah) maka masalah tersebut yang akan menghampiri kita namun bila kita berfikir bagaimana agar teman-teman tidak mempengaruhi saya untuk mengkonsumsi narkoba (fokus pada tujuan) maka pasti ada jalan yang bias dilalui untuk mengatasi masalah tersebut. So jangan pikirkan masalah tapi tujuan.
3. Katakanlah “tidak”
Bila kita diajak oleh teman untuk mengkonsumsi Narkoba maka katakanlah “tidak” dan kalau masih memaksa katakan “Saya masih sayang sama tubuh saya” dan bila teman anda memang berwatak keras/pemaksa, maka pergilah darinya dan jangan temui dia untuk sementara waktu.
4. Pandai-pandailah memilih teman
Why? Karena kalau kita salah memilih teman maka prosentase teman yang akan mempengaruhi kita akan semakin besar. Bertemanlah dengan teman yang dapat dipercaya. Karena teman yang dapat dipercaya tidak akan menjerumuskan kita ke dalam dunia Narkoba.
Dari pihak lain
5. Peran Orang Tua
Orang tua perlu memantau perkembangan anak, bias dengan berkumpul, berbincang-bincang palingn tidak 15 menit tiap hari. Dengan berbincang-bincang maka orang tua dapat mengetahui perkembangan anaknya.
6. Motivasi dari teman sebaya
Teman yang baik adalah teman yang mau memberi motivasi kepada kita. Dengan motivasi dari teman kita, kita akan merasa nyaman untuk bergaul dan tentunya akan terhindar dari bahaya narkoba.
7. Lingkungan Tempat tinggal
Dimana kita tinggal disitu kita juga akan mendapatkan pembelajaran baik yang bersifat positif maupun bersifat negative, semua itu tergantung dengan kondisi lingkungan dimana kita tinggal. So jangan salah pilih tempat tinggal
 

2. TIPS CARA MENGHINDARI NARKOBA

Tips Cara Menghindari Narkoba

alt1. Jangan pernah mencobanya, walaupun untuk iseng atau untuk alasan lain, kecuali perintah dokter/alasan medis.
2. Kuatkan iman, mantapkan pribadi, pakailah rasio (pemikiran, pertimbangan) lebih banyak dari pada emosi.
3. Jangan menghindar dari problem, tetapi hadapi dan atasi persoalan sampai tuntas, bila tak mampu konsultasi pada ahli.
4. Pilihlah pergaulan yang aman jangan yang berbahaya.
5. Pilih kegiatan yang sehat, tak merugikan diri sendiri ataupun orang lain, ikutilah klub olah raga, organisasi sosial. Lakukan hobi bersama teman dan keluarga.
6. Gunakan waktu dan tempat yang aman, jangan keluyuran malam-malam. Bersantailah dengan keluarga, berkaraoke, piknik, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama nonton bersama keluarga.
7. Selalu berusaha menjadi pribadi yang baik, bertindak positif, bertanggungjawab, jadilah figure/sosok yang diteladani.
8. Berusahalah "saling mendengar", saling mengingatkan dan saling memaafkan agar semakin mendewasakan pribadi masing-masing.
9. Buatlah keluarga, rumah tangga, menjadi tempat yang paling menyenangkan, paling menenangkan sehingga membuat "betah" tinggal bersama "sahabat".
10. Selalu ingatkan, bahwa ancaman hukuman untuk penyalah guna Narkoba, apalagi bagi pengedar Narkoba adalah Lembaga Pemasyarakatan.
11. Ingatkan bahwa Narkoba akan merusak kerja otak, susunan syaraf pusat, merusak ginjal, lever dan sebagainya.
Lebih baik mencegah putra-putri kita terkena pengaruh Narkoba daripada kita harus mengobatinya. Karena untuk proses pengobatan dan penyembuhan tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
 

.........SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA....... 

Diposkan oleh Rudi Prasetyo  

disunting oleh Hadi Pranoto 

 

1 komentar:

Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin