Rabu, 13 Februari 2013

DCM

IDENTITAS SISWA
Nama            :
L/P            :
Kelas             :
No. Absen        :
Alamat     rumah        :
Nomor Telepon /HP    :

DAFTAR CEK MASALAH (DCM)

PETUNJUK
•    Di bawah ini ada bermacam-macam pernyataan, tentang masalah dalam kehidupan sehari-hari Anda.
•    Di dalam pengerjaan DCM ini tidak ada jawaban benar atau salah, yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi sesuai dengan kebutuhan Anda.
•    Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menilai kemampuan Anda, sehingga tidak mempengaruhi penilaian hasil prestasi belajar Anda.
•    Jawablah DCM ini dengan cara melingkari nomor pernyataan yang sesuai dengan yang Anda alami. Anda dapat menjawab langsung pada  lembar DCM ini.
•    Tulislah identitas saudara dengan jelas dan lengkap.

A. Kesehatan
1.    Kesehatan saya sering terganggu
2.    Keadaan fisik saya tidak sesuai dengan apa yang saya inginkan
3.    Saya merasa kurang bahagia karena cacat tubuh atau sering sakit
4.    Saya merasa lelah dan tidak bersemangat
5.    Sering merasa mengantuk
6.    Saya sering merasa pusing
7.    Saya sering gugup

B. Keadaan Ekonomi
8.    Uang saku saya kurang mencukupi
9.    Saya terpaksa harus bekerja karena ekonomi keluarga tidak mencukupi
10.    Banyak anak yang masih menjadi tanggungan orang tua saya, sedangkan keluarga saya kurang mampu
11.    Tidak ingin melanjutkan sekolah karena soal biaya
12.    Uang sekolah sering tidak dapat terbayar
13.    Orang tua tidak mempunyai penghasilan tetap

C. Kehidupan Keluarga
14.    Saya hidup tidak bersama orang tua sendiri
15.    Selalu bertengkar dengan adik/kakak
16.    Tidak pernah bercengkerama dengan ayah dan ibu
17.    Di rumah hampir tidak ada waktu untuk diri sendiri, selalu sibuk dengan tugas rumah
18.    Orang tua saya terlalu sering mencampuri urusan saya
19.    Saya merasa kurang mendapatkan perhatian orang tua
20.    Saya merasa kurang senang (tidak kerasan) di rumah
21.    Ayah dan ibu hidup terpisah

D. Agama dan Moral
22.    Saya tidak dapat bersungguh-sungguh dalam beribadah
23.    Saya malas beribadah
24.    Saya sering berdusta/ tidak jujur
25.    Saya merasa terganggu jika orang lain menjalankan ibadahnya
26.    Saya merasa tidak berkewajiban dalam beribadah kepada Tuhan
27.    Saya merasa tidak bebas dalam menganut agama
28.    Saya merasa berdosa sekali

E. Rekreasi dan Hobi (Kegemaran)
29.    Saya hampir tidak mempunyai waktu untuk bermain
30.    Hobi saya sering mengganggu belajar saya
31.    Saya lebih suka membaca buku-buku hiburan daripada buku-buku pelajaran
32.    Setiap malam saya selalu menonton film/sinetron di TV
33.    Saya tidak dapat menggunakan waktu luang
34.    Teman-teman yang bertamu ke rumah, sering menghabiskan waktu belajar saya
35.    Waktu belajar saya habis untuk bermain-main

F. Pribadi
36.    Saya tidak suka bergaul dengan orang yang berbeda kedudukannya
37.    Saya sukar untuk mendapatkan kawan
38.    Saya sering merasa curiga terhadap orang lain
39.    Saya sering menyesali diri sendiri
40.    Saya ingin tampak lebih menarik
41.    Saya merasa diri saya tidak sebaik orang lain
42.    Saya sering merasa malu bergaul dengan teman yang berbeda jenis kelamin
43.    Saya kurang teguh pendirian
44.    Saya sulit menyesuaikan diri dengan situasi baru
45.    Saya takut berbuat salah,ragu-ragu dalam mengambil keputusan
46.    Saya mempunyai persoalan pribadi dan tidak tahu cara menyelesaikannya

G. Kehidupan Sosial dan Berorganisasi
47.    Saya merasa tidak disenangi kawan-kawan diluar sekolah
48.    Saya sama sekali tidak berminat terhadap organisasi
49.    Saya takut bergaul dengan orang yang lebih tua
50.    Saya mudah tersinggung sehingga sering bertentangan pendapat dengan orang lain
51.    Saya tidak pernah menjadi pemimpin
52.    Saya sukar menerima kekalahan
53.    Saya pemalu sehingga tidak pernah mengemukakan pendapat
54.    Saya bingung jika berhadapan dengan orang banyak
55.    Saya  tidak senang bermain dalam kelompok
56.    Saya enggan berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dimasyarakat

H. Masalah Remaja
57.    Saya takut berhubungan erat dengan lawan jenis
58.    Saya merasa kurang memiliki daya tarik
59.    Saya sering melamun memikirkan pacar saya
60.    Saya merasa kesepian kalau belum mempunyai pacar
61.    Saya sukar untuk mencintai orang lain karena patah hati
62.    Saya memiliki pacar yang egois
63.    Pacar saya selalu mengajak keluar rumah
64.    Berpacaran merupakan kebutuhan penting bagi saya
65.    Saat ini saya dilarang berpacaran oleh orang tua

I. Penyesuaian terhadap Sekolah
66.    Saya tidak senang masuk sekolah
67.    Peraturan sekolah terlalu menekan saya
68.    Saya sering tidak menyelesaikan tugas sekolah karena catatan saya kurang lengkap
69.    Saya sering datang terlambat
70.    Saya merasa dibenci kawan-kawan saya di sekolah
71.    Di sekolah saya tidak dapat memusatkan perhatian

J. Penyesuaian terhadap Kurikulum
72.    Saya pernah tidak naik kelas
73.    Saya sering mendapat nilai rendah
74.    Pelajaran di sekolah terlalu berat
75.    Saya sering khawatir jika mendapat giliran mengerjakan soal di depan kelas
76.    Saya sulit menyesuaikan diri dengan suasana belajar di kelas

K. Belajar
77.    Tidak puas dengan hasil belajar yang diperoleh
78.    Saya malas belajar
79.    Sulit mendapatkan buku bacaan yang dapat menunjang pengetahuan
80.    Mengalami kesulitan untuk membagi waktu dalam belajar dan kegiatan lain
81.    Sulit memahami buku-buku pelajaran
82.    Kurang mahir dalam membuat catatan dan ringkasan pelajaran
83.    Takut menghadapi tes/ ulangan
84.    Sering ngantuk dalam proses pembelajaran di kelas
85.    Tidak betah belajar dalam periode waktu yang lama
86.    Sulit mendapatkan teman belajar yang cocok
87.    Kurang mahir dalam teknologi modern yang menunjang belajar

I. Masa Depan dan Cita-cita
88.    Saya meragukan potensi yang saya punya untuk masa depan
89.    Saya gagal mengisi kegiatan waktu luang saya dengan usaha yang menghasilkan uang
90.    Saya mempunyai pekerjaan sampingan
91.    Saya khawatir tidak dapat berdiri sendiri kelak
92.    Saya menemui banyak hambatan dalam mencapai cita-cita
93.    Cita-cita saya tidak disetujui oleh orang tua saya
94.    Saya bingung akan berbuat apa setelah lulus sekolah
95.    Sekolah tidak menjamin masa depan saya



   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin