PEMANFAATAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA
DIDIK
SMA KARTIKATAMA METRO
ABSTRAK
Pamularsih Azisi, Wahyu: 2013. Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kemandirian
Belajar Peserta Didik SMA Kartikatama Metro. Skripsi Jurusan Ilmu
Pendidikan Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah
Metro. Dibawah Bimbingan (1) Prof. Dr. H. Marzuki
Noor, M.s. (2) Prof. Dr. H. Juhri. AM, M.Pd.
Kata
Kunci :
Kemandirian Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok
Dalam proses pendidikan, peserta
didik dituntut agar dapat mengusahakan dirinya untuk mampu belajar secara
mandiri. Ketika peserta didik belajar dengan caranya sendiri, mereka akan
mengembangkan kemampuan untuk memfokuskan diri, dan memiliki tanggung jawab
pribadi atas apa yang mereka pelajari. Rumusan masalahnya adalah Apakah melalui
layanan bimbingan kelompok dapat
meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS4 SMA
Kartikatama Metro. Tujuan yang hendak dicapai oleh
peneliti yaitu ingin mengetahui hambatan yang timbul dalam belajar dapat
membantu peserta didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama Metro Semester Genap
Tahun Pelajaran 2012/2013, layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan
kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama
Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013, hasil pelaksanaan layanan
bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas
XI IPS4 SMA Kartikatama Metro Semester Genap Tahun Pelajaran
2012/2013.
Desain
penelitian menggunakan penelitian tindakan layanan. Sampel yang diambil yaitu peserta
didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama Metro Semester Genap Tahun
Pelajaran 2012/2013. Dengan jumlah 10 peserta didik yang terdiri dari 7 putra
dan 3 putri. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode
observasi dan wawancara bimbingan kelompok. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan
bahwa hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam
meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS4 SMA Kartikatama
Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013, adalah terlihat pada perubahan kemandirian
belajar peserta didik, seperti mempunyai
kemampuan dalam berinteraksi dan keaktifan dalam belajar, memiliki
keasadaran untuk belajar, dapat
memanfaatkan waktu belajar, memiliki
semangat untuk belajar sendiri, dan tidak tergantung pada orang lain. Terdapat
peningkatan kemandirian belajar peserta didik pada siklus I dilihat dari
rata-rata presentase yaitu sebesar 38% dan pada siklus II sebesar 75%, sehingga
terjadi peningkatan sebesar 37%.
DAFTAR PUSTAKA
Ali,
Mohammad dan Mohammad Asrori. 2010.
Psikologi Remaja Perkembangan Peserta
Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,
Suharmini. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
_________________. 2011. Penilaian & Penelitian Bidang Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta:
Aditya Media.
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta didik). Bangung:
Pustaka Setia.
Feriana. 2012. Dinamika Kelompok.
(Onlie). http://.guidance.counselling/ dinamika kelompok.htm. Diakses
12 Juni 2012
Hidayat,
Dede Rahmat dan Aip Badrujaman. 2012. Penelitian
Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: Indeks.
Huraerah, Abu & Purwanto.
2010. Dinamika Kelompok Konsep dan
Aplikasi.
Bandung:
Refika Aditama.
Kholifah, Nur. 2010. Model Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2008/2009.
Lampung: Universitas Negeri Lampung.
Karwono dan Heni Mularsih. 2010. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas
Jaya.
Neviyarni. 2009. Pelayanan Bimbingan Dan Konseling
(Berorientasi Khalifah Fil Ardh). Bandung: Alfabeta.
Nurihsan,
Achmad Juntika. 2009. Bimbingan dan
Konseling dalam Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Pedoman
penulisan karya ilmiah (Skripsi, artikel
dan makalah). 2008. Universitas Muhammadiyah Metro.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan
dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profesi). Padang: Ghalia Indonesia.
_______. 2004. Dasar-Dasar
Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
_______. 2004. Seri Layanan Konseling. Padang:
Universitas Negeri Padang.
Purwoko,
Budi. 2008. Organisasi Dan Manajemen
Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
____________. 2008. Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya: Unesa
University Press.
Slameto.
2010. Belajar dan Fakror-Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subliyanto. 2003. Kemandirian Belajar. Blogspot.
(Online). http://subliyanto. blogspot.com/2011/05/kemandirian-belajar.html. Diakses 13
September 2012.
Sugiyono.
2011. Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut. 2008.
Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan
dan Konseling di Sekolah. Tabanan: Rineka Cipta.
Tirtarahatdja,
Umar dan La Sula. 2005. Pengantar
Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin.
2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah
dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Raja Grafindo Persada.
Walgito,
Bimo. 2004. Bimbingan dan Konseling
(studi dan karir). Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin