PEMBERIAN
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM
MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI
SISWA
SMPN 1 PURBOLINGGO
Eko Andiyanto
Jurusan Ilmu
Pendidikan/Bimbingan Konseling
Abstrak
Andiyanto,
Eko: 2012. Pemberian Layanan Bimbingan
Kelompok Dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMPN 1 Purbolinggo.
Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bimbingan dan
Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Di bawah bimbingan (I) Prof.
Dr. H. Juhri. AM., M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Hj. Ida
Umami, M.Pd. Kons.
Keterampilan berkomunikasi sangat dibutuhkan
dalam pendidikan, adanya komunikasi yang baik maka akan terciptanya interaksi
sosial yang efektif antara siswa dan guru. Tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti, yaitu ingin memberikan
layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa
kelas VIII B SMPN 1 Purbolinggo. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan layanan. Subjek
penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B di SMPN 1 Purbolinggo
Kecamatan Purbolinggo yang berjumlah 10 orang.
Hasil dari
penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh melalui
pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan
berkomunikasi siswa kelas VIII B SMPN 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013, adalah terlihat dari perubahan peserta didik
dalam keterampilan
berkomunikasi, seperti peserta
didik lebih mengerti
penggunaan bahasa baik verbal maupun non-verbal.
Terdapat peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa pada siklus I dilihat dari presentase yaitu sebesar 40% dan pada siklus II 80% sehingga
terjadi peningkatan 40%.
Kata
Kunci: Keterampilan Berkomunikasi, Layanan Bimbingan
Kelompok.
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmadi,
Abu. dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi
Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka
Cipta.
Hidayat, Dede Rahmat dan Aip Badrujaman. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan
Konseling. Jakarta: Indeks.
Maryadi, Teuku. 2010. Pengertian komunikasi. (http://www.
Psikologysosial. Co. id. Diakses 13oktober 2012)
Nurihsan, Achmad Juntika. 2009. Strategi Layanan Bimbingan Konseling. Bandung: Refika Aditama.
Prayitno, A. 1989. Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar.
Jakarta: Ghalia Indonesia.
--------. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil). Padang
: PT GI.
--------. 2004. Seri
Layanan Konseling L.1-L.9. Padang:
Universitas Negeri Padang.
Purwoko,
Budi. 2007. Praktikum Pemahaman Individu Non Tes. Jakarta: Rineka Cipta.
Rakhmat,
Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi
Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanaky, AH. Hujair. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan
Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.
2010. Metode Penelitian Kuantitatif Dan
Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Supratiknya.
1995. Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan
Psikologi. Yogyakarta: Paramitra
Susanto,
Ahmad. 2010. Komunikasi antar-pribadi.
(http://www.
Sosialkomunikasi.co. id. Diakses 13 oktober 2012)
Suwarjo.
dan Eva Imania Eliasa. 2011. Permainan
(games) dalam Bimbingan Konseling.Yogyakarta: Paramitra.
Tohirin. 2011. Bimbingan
Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : PT
Raja Grafindo Persada.
UM.
Metro. 2008. Pedoman Penulisan Kariya
Ilmiah, Edisi Revisi. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan Dan Konseling (Study Dan Karir). Yogyakarta: C.V Andi
Offset.
Willis, S. Sofyan. 2007. Konseling Individual, Teori dan Praktek.
Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin