BAB I
PENDAHULUAN
Dalam dunia perkembangan peserta
didik, hal ini dilalui dengan masa – masa
atau periodesasi dimana di mulai dari masa :
- prenatal : sejak terjadinya proses pembuahan sampai lahir
(0-9 bulan),
- masa bayi: yaitu sejak kelahiran 18 – 24 bulan,
- masa anak-anak awal (early
chilhood) : sejak kelahiran bayi usia ( 5 – 6 )tahun, - masa anak – anak tengah (middle
childhood) : usianya berkisar ( 7 – 9 ) tahun, - masa anak – anak akhir (late
childhood ): pada masa ini berusia sekitar ( 10 – 12 ) tahun,
- masa remaja (adolescence):
berusia sekitar (10 – 12 ) tahun sampai (18 – 22) tahun,
- masa dewasa awal (18 – 22 ) – 30 tahun atau muda (young adulthood),
- masa pertengaha dewasa ( 35 – 45 ) tahun (middle adulthood ), dan
- masa dewasa akhir pada usia akhir pada usia ( 45 -60-
70) tahun (late adulthood).
Bila
dikaji dengan cermat fokuskan perhatian kita kepada peserta didik sangat
menarik untuk membahas masa pranatal hingga masa kematian . Dengan mempelajari
perkembangan peserta didik, kita akan memperoleh keuntungan yang kita lihat
dari periode – periode yang akan datang.
Psikologi
perkembangan akan secara terbuka mengungkap proses, atau aspek psikologi yang
dimulai dari tahap kognitif, tahap biologis dan yang terakhir tahap sosio
emosinal dimana. Ketiga tahap tersebut saling berkaitan antara tahap satu
dengan tahap – tahap selanjutnya.
A. Latar Belakang
Ada seperangkat hal yang
harus dimiliki remaja dalam mempersiapkan diri memasuki kehidupan dewasa agar
dia memiliki kehidupan masa dewasa agar dia memiliki keutuhan pribadi dalam
arti yang seluas-luasnya. Dari segi individu, apa yang harus dimilikinya itu
dikaitkan dengan perkembangan pikir, sikap dan perasaan, kemauan, dan perbuatan
nyata.
Banyak tuntunan dari
faktor-faktor sosial, religius, serta nilai dan norma yang mendorong remaja
memikul beban tugas dan tanggung jawab. Harapan dan tuntunan itulah yang
melatarbelakangilahirnya tugas-tugas perkembangan remaja, yang oleh R.J
Havighurst developmental task. Secara
sederhana, makna tugas perkembangan dimaknai sebagai berikut :
a.
Tugas perkembangan adalah petunjuk yang memungkinkan
seseorang untuk mengerti dan memahami harapan atau tuntunan masyarakat dan
lingkungan lain terhadap seseorang dalam usia tertentu. Arti ini mengandung
makna; pertama; dari segi orang
dewasa, dia mengetahui hal-hal yang harus diajarkan kepada anak-anak sesuai
dengan yang diharapkan oleh lingkungannya (khususnya bagi masa kanak-kanak),
dengan mengetahui hal-hal yang harus ditanamkan dan dikuatkan dalam membimbing
seorang anak dalam masa pubertas dan masa remaja. Kedua; dari segi anak yang sadar menuju kedewasaannya, dia dapat
mengetahui hal-hal yang harus dipelajari dan dikuasai dalammasa kehidupan
tertentu yang sesuai dengan tuntunan masyarakat dan lingkungan yang lebih luas.
b.
Tugas perkembangan merupakan petunjuk bagi seseorang
tentang harapan pada masa yang akan datang. Arti ini mengandung makna, dari
segi pendidik, dia dapat mengetahui hal-hal yang harus dikuasai oleh anak
didiknya (kelak dalam masa pubertas, masa remaja, masa dewasa dan masa tua)
sehingga dapat hidup lebih ”well-ajusted”.
Dari segi anak didik (dalam masa pubertas, remaja), dia dapat memandang jauh ke
depan sehingga mengetahui bahwa dalam masa dewasa dan masa tuanya kelak
terdapat seperangkat tugas perkembangan yang harus dikuasainya sehingga di
kelak dapat lebih ”well-ajusted”.
B. Permasalahan
· Apa Masa Remaja itu ?
· Apa Pengertian Tugas Perkembangan Remaja ?
· Apa saja Jenis dan Tugas Perkembangan Remaja
?
· Meliputi Apa sajakah Faktor-faktor yang
Berpengaruh Pada Tugas Remaja ?
· Apa Batasan Usia dan
Ciri-ciri Remaja ?
· Bagaiman
Perubahan
Psikologi Remaja ?
· Dan Apa Teori-teori Tumbuh Kembang Remaja ( Adolescence ) ?
C. Tujuan penulisan
- Sebagai salah satu tugas Mata Kuliah
Perkembangan Peserta Didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin