KOMUNIKASI TIDAK EFEKTIF
Sebelum
mengetahui lebih dalam komunikasi tidak efektif saya akan menjelaskan tentang
komunikasi terlebih dahulu. Komunikasi itu berdasarkan baik dan tidak
penyampaiannya, dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
1. komunikasi efektif
2. komunikasi tidak efektif.
Disini saya akan menjelaskan berdasarkan
tugas adalah: pada bagian ke-2 yaitu “Komunikasi Tidak Efektif”. Sebelum
mengarah ke pokok bahasan saya akan menjelaskan berbagai macam pengertian
komunikasi dari fersi lain.
a
Pengertian
Komunikasi
Kata
atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”), secara etimologi atau menurut asal katanya adalah
dari bahasa latin communikatus, dan
perkataan ini bersumber pada kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau
‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan kebersamaan atau
kesamaan makna.
Komunikasi
secara etimologis merujuk pada adnya proses penyampaian suatu pernyataan oleh
seseorang kepada orang lain. Jadi
dalam pengertian ini yang terlihat adalah manusia. Karena itu merujuk pada
pengertian
“komunikasi
manusia yaitu : bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan
individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok organisasi dan masyarakat yang
merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama
lain.”(Ruben dan Steward,(1998:16))
Untuk
memahami pengertian komunikasi tersebut sehingga dapat di lancarkan secara
efektif dalm Effendy (1994:10).
Bahwa para peminat komuikasi seringkali mengutip paradigma yang dikemukakan oleh
Harold Lasswell dalam karyanya, “The Structure and Function of Communication
in Society”.
Lasswell mengatakan bahwa cara yang
baik untuk menjelaskan komunikasi ialah dengan menjawab pertanyaan sebagai
berikut:
1.
Who says what in
2.
Which channel to
3. Whom whit what effect?
Paradigma Lasswell di atas menunjukkan bahwa
komunikasi meliputi lima
unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu, yaitu :
1.
Komunikator (siapa yang mengatakan?)
2. Pesan (mengatakan apa?)
3. Media ( melalui saluran/channel/media
apa?)
4.
Komunikan (kepada siapa?)
5. Efek (dengan dampak/efek apa?)
Jadi berdasarkan paradigma Lasswell tersebut, secara sederhana
proses komunikasi adalah : pihak komunikatar membentuk (encode) pesan dan
penyampaiannya melalui sesuatu saluran tertentu .
Komunikasi adalah : proses dimana suatu
ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk
mengubah tingkah laku.
Pengertian
Komunikasi Tidak Efektif
Komunikasi
tidak efektif adalah : penerima pesan oleh komunikan (receiver) tidak sesuai
dengan pesan yang dikirim oleh komunikator (sender), kemudian komunikasi tidak
memberikan respon yang positif sesuai dengan yang diharapkan tidak memahami apa
yang dibicarakan, tidak mengerti apa yang dimaksud sering terjadi salah paham
tentang isi pesan antara pengirim dan penerima pesan maka terjadilah komunikasi
yang tidak efektif ini.
Pengertian
komunikasi tidak efektif dalam hal di bidang/pada sisi lain yaitu perusahaan.
~ Komunikasi tidak efektif adalah :
sebuah proses dimana anda mengirim atau menerima pesan dengan tidak mengetahui
benar apa arti maksud pesan itu. Ketika seseorang karyawan tidak dapat
menyelesaikan tugas-tugasnya, mungkin saja kegagalan itu disebabkan oleh
komunikasi yang tidak efektif antara atasan dan karyawan.
Pengertian Komunikasi Tidak Efektif Berdasarkan Para Tokoh/Ahli
v “komunikasi tidak efektif terjadi ketika
salah satu sumber tidak menyampaikan pesan dengan baik kepada penerima dengan
niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima”.(Gerald R. Miller)
v “komunikasi tidak efektif adalah : proses
yang memungkinkan seseorang (komunikator) tidak menyampaikan rangsangan
(biasanya lembaga-lembaga verbal) untuk mengubah prilaku orang lain
(komunikate)”.(Carld R. Miller)
v
“setiap tindakan komunikasi tidak efektif
dipandang transmisi informasi tidak ada rangsangan yang diskriminatif, dari
sumber kepada penerima”.(Theodore M.
Newcomb)
v
“setiap proses pembentukan makna diantara dua
orang atau lebih apabila tidak itu berarti komunikasi tidak efektif”.(Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss)
v
“komunikasi tidak efektif adalah : proses yang
tidak memahami dan tidak berbagi makna”.(Judi
C. Pearson dan Paul E. Nelson)
v
“komunikasi tidak efektif adalah : suatu
transaksi tidak dinamis yang tidak melibatkan gagasan dan perasaan”.(William I. Gordon)
v “komunikasi tidak efektif adalah : tidak
berbagi informasi antara dua orang atau lebih”.(Donald Byker dan Loren J.
Anderson)
Unsur-unsur
ketidakefektifan yang ada pada pengirim
akibat komunikasi yang buruk :
a.) Komunikator/sender/pengirim
1. tidak menyampaikan pesan dengan jelas
2. tidak memilih media yang tepat
3. tidak meminta respon/tidakm ada respon
4. pesan overload
5. bad timing (prhatian buruk/tidak penuh)
b.) Komunikan/receiver/penerima
1. tidak konsentrasi
2. tidak memberi feedback
c.) Channel/salura/media
1. not audible
2. not visual
3. not audio
visual
Aspek-aspek yang terdapat dalam komunikasi tidak
efektif adalah sebagai berikut :
1. Ketidakjelasan
(unclarity)
Maksudnya dalam berkomunikasi tidak jelas
asalnya, pengirimnyan dan kalimatnyapun tidak jelas.
2.
Ketidaktepatan (unaccuracy)
Maksudnya
dalam berkomunikasi tidak tepat dalam hal waktu, kondisi yang sesuai. Contoh :
orang menelpon malam misalnya jam 01.00 malam posisi orang tidur nyenyak terganggu
dengan suara telepon dan diangkat ternyata hanya orang iseng-iseng atau mainan
dikira orang tersebut ada berita penting karena mengejutkan saja jadi tidak
efektif dan tidak tepat waktunya.
3.
Tidak ada kontek (uncontek)
Maksudnya tidak ada tujuan, omongan
(pembicaraan) kalimatnya.
4.
Tidak ada Alur (unflow)
Maksudnya
tidak menkondisikan dimana dia berada atau tempatnya orang berkomunikasi itu
dilihat adalah supaya efektif dilihat dari cara berbusananya harus sesuai
dengan tempat dan kondisi.
Contoh: undangan ulang tahun menggunakan
baju resmi pasti berkomunikasi akan segan memperhatikan nya dan terjadi
komunikasi yang tidak efektif.
5. Tidak memperhatikan budaya (unattention
culture)
Contoh: dalam berkomunikasi dimisalkan
yang satu orang jawa dan yang satu orang belanda sama-sama tidak bisa bahasa
daerah asal masing-masing pasti ini akan memisahkan dalam komunikasi dan
komunikasi tidak efektif karena menggunakan budaya bahasa mereka yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin