STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK
Aspek
Perkembangan: Landasan Hidup Religius
No.
|
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal
bentuk-bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari.
|
Mengenal arti
dan tujuan ibadah.
|
Mempelajari hal ihwal ibadah.
|
Mengkaji lebih
dalam tentang makna kehidupan beragama.
|
2.
|
Akomodasi
|
Tertarik pada kegiatan ibadah sehari-hari.
|
Berminat mempelajari arti dan tujuan setiap bentuk ibadah.
|
Mengembangkan pemikiran tentang kehidupan beragama.
|
Menghayati nilai-nilai agama sebagai pedoman dalam berperilaku.
|
3.
|
Tindakan
|
Melakukan bentuk-bentuk ibadah sehari-hari.
|
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri.
|
Melaksanakan ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi.
|
Ikhlas melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan.
|
Aspek Perkembangan: Landasan Perilaku Etis
No.
|
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal patokan
baik-buruk atau benar-salah dalam berperilaku.
|
Mengenal alasan perlunya menaati aturan/norma berperilaku.
|
Mengenal keragaman sumber norma yang berlaku di masyarakat.
|
Menelaah lebih luas tentang nilai-nilai universal dalam kehidupan
manusia.
|
2.
|
Akomodasi
|
Menghargai
aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
|
Memahami keragaman aturan/patokan berperilaku dalam konteks budaya.
|
Menghargai keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan.
|
Menghargai keyakinan nilai-nilai sendiri dalam keragaman nilai-nilai yang
berlaku di masyarakat.
|
3.
|
Tindakan
|
Mengikuti
aturan-aturan yang berlaku dalam lingkungannya.
|
Bertindak atas pertimbangan
diri terhadap norma yang berlaku.
|
Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek etis.
|
Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek nilai
dan berani menghadapi risiko dari
keputusan yang diambil.
|
Aspek Perkembangan: Kematangan Emosi
No.
|
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain.
|
Mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar.
|
Mempelajari cara-cara menghindari konflik dengan orang lain.
|
Mengkaji secara objektif perasaan-perasaan diri dan orang lain.
|
2.
|
Akomodasi
|
Memahami perasaan-perasaan diri dan orang lain.
|
Memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan orang lain.
|
Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan
diri sendiri dan orang lain.
|
Menyadari atau mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan
konsekuensi atas ekspresi
perasaan.
|
3.
|
Tindakan
|
Mengekspresikan perasaan secara wajar
|
Mengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan kontekstual
|
Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas terbuka dan tidak
menimbulkan konflik
|
Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak
menimbulkan konflik dan mampu berfikir positif
|
Aspek Perkembangan: Kematangan Intelektual
No.
|
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan dan
perilaku belajar.
|
Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan
pemecahan masalah.
|
Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan
pemecahan masalah secara objektif.
|
Mengembangkan cara-cara pengambilan keputusan dan
pemecahan masalah berdasarkan infomasi/data yang akurat.
|
2.
|
Akomodasi
|
Menyenangi berbagai aktifitas perilaku belajar.
|
Menyadari adanya risiko dan pengambilan keputusan
|
Menyadari akan keragaman alternatif keputusan dan
konsekuensi yang dihadapinya.
|
Menyadari pentingnya menguji berbagai altematif
keputusan pemecahan masalah secara objektif.
|
3.
|
Tindakan
|
Meiibatkan diri dalam berbagai aktiftas perilaku
belajar.
|
Mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan risiko yang
mungkin terjadi.
|
Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar
informasi/data secara objektif.
|
Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar
informasi/data secara objektif serta bermakna bagi dirinya dan orang
|
Aspek Perkembangan: Kesadaran Tanggung Jawab
Sosial
No.
|
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal
hak dan kewajiban diri sendiri dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.
|
Mempelajari
cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan
sehari-hari.
|
Mempelajari
keragaman interaksi sosial,
|
Mengembangkan pola-pola perilaku sosial
berdasarkan prinsip kesamaan (equality).
|
2.
|
Akomodasi
|
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain
dalam lingkungan kehidupan sehari- hari.
|
Menghargai nilai-nilai persahabatan dan
keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman
interaksi sosial.
|
Menghayati nilai-naai
kesamaan (equality)
sebagai
dasar bernteraksi dalam kehidupan masyarakat luas.
|
3.
|
Tindakan
|
Berinteraksi dengan orang lain dalam suasana
persahabatan.
|
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar
nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup.
|
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar
kesamaan (equality).
|
Memelihara nilai-nilai
persahabatan dan keharmonisan dalam
berinteraksi dengan orang lain.
|
Aspek Perkembangan: Kesadaran Gender
No.
|
TATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan.
|
Mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki
atau perempuan.
|
Mempelajari perilaku
kolaborasi antar jenis dalam
ragam kehidupan.
|
Merperkaya perilaku
kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan.
|
2.
|
Akomodasi
|
Menerima
atau menghargai diri sebagai laki-laki atau perempuan.
|
Menghargai
peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menghargai keragaman
peran laki-laki atau perempuan sebagai asset kolaborasi dan keharmonisan
hidup.
|
Menjunjung tinggi
nilai-nilai kodrati laki-laki atau perempuan sebagai dasar dalam kehidupan
sosial.
|
3.
|
Tindakan
|
Berperilaku sesuai dengan peran sebagai laki-laki
atau perempuan.
|
Berinteraksi dengan lain jenis secara kolaboratif
dalam memerankan peran jenis.
|
Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis
dalam keragaman peran.
|
Memelihara aktualisasi
nilai-nilai kodrati gender dalam kehidupan sosial.
|
Aspek Perkembangan: Pengembangan Pribadi
No
|
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal keberadaan dalam
lingkungan dekatnya.
|
Mengenal kemampuan dan keinginan diri.
|
Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial.
|
Mempelajari berbagai peluang pengembangan
diri.
|
|
2.
|
Akomodasi
|
Menerima keadaan
did sebagai bagian dad lingkungan.
|
Menerima keadaan diri
secara positif.
|
Menerima keunikan diridengan segala kelebihan dan kekurangannya.
|
Meyakini keunikan diri
sebagai aset yang harus dikembangkan secara harmonis dalam kehidupan.
|
|
3.
|
Tindakan
|
Menampilkan
perilaku sesuai dengan keberadaan diri dalam lingkungannya.
|
Menampilkam
perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam Iingkungannya.
|
Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman.
|
Mengembangkan aset diri secara harmonis dalam kehidupan.
|
|
Aspek
Perkembangan: Perilaku Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonomis)
No
|
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal perilaku
hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan dekatnya.
|
Mengenal nilai-nilai
perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Mempelajari strategi
dan peluang untuk berperilaku hemat, ulet, sungguh- sungguh, dan kompetitif
dalam keragaman kehidupan.
|
Memperkaya strategi dan mencari peluang dalam berbagai tantangan
kehidupan.
|
2.
|
Akomodasi
|
Memahami perilaku
hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan dekatnya.
|
Menyadari manfaat
perilaku hemat, ulet , sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menerima nilai-nilai
hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetettif sebagai aset untuk
mencapai hidup mandiri.
|
Meyakini nilai-nilai
hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif sebagai aset untuk
mencapai hidup mandiri dalam keragaman dan saling ketergantungan.
|
3.
|
Tindakan
|
Menampilkan perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungannya
|
Membiasakan din hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menampilkan hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif atas dasar
kesadaran sendiri.
|
Memelihara perilaku kemandirian
dalam keragaman dan saling ketergantungan kehidupan.
|
Aspek
Perkembangan: Wawasan dan Kesiapan Karir
No.
|
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal
ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan .
|
Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan
aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri.
|
Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam
pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan altematif
karir yang lebih terarah.
|
Memperkaya informasi yang terkait dengan
perencanaan dan pilihan karir.
|
2.
|
Akomodasi
|
Menghargai ragam pekerjaan dan
aktivitas orang sebagai hal yang saling bergantung.
|
Menyadari
keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan
kemampuan tertentu.
|
Internalisasi
nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karir.
|
Meyakini
nilai-nilai yang terkandung dalam pilihan karir sebagai landasan pengembangan
karir.
|
3.
|
Tindakan
|
Mengekspresikan ragam pekerjaan
dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan.
|
Mengidentifikasi
ragam alternative pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang mengandung
relevansi dengan kemampuan diri.
|
Mengembangkan
altematif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan
ragam karir.
|
Mengembangkan dan memelihara penguasaan
perilaku, nilai dan kompetensi yang mendukung pilihan karir.
|
Aspek
Perkembangan: Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya
No.
|
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
Mengenal norma-norma dalam berinteraksi dengan
teman sebaya.
|
Mempelajari norma-norma pergaulan dengan teman
sebaya yang beragam latar belakangnya.
|
Mempelajari Cara-cara membina kerjasama dan
toleransi dalam pergaulan dengan teman sebaya.
|
Mengembangkan strategi
pergaulan yang lebih intensif sebagai upaya untuk menjalin persahabatan yang harmonis.
|
2.
|
Akomodasi
|
Menghargai
norma-norma yang dijunjung tinggi dalam menjalin persahabatan dengan teman
sebaya.
|
Menyadari
keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan.
|
Menghargai
nilai-nilai kerjasama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan
dengan teman sebaya.
|
Meyakini
nilai-nilai yang terkandung dalam
persahabatan dengan teman sebaya.
|
3.
|
Tindakan
|
Menjalin
persahabatan dengan teman sebaya atas dasar norma yang dijunjung tinggi
bersama.
|
Bekerjasama dengan teman sebaya yang beragam
latar belakangnya.
|
Mempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab
dengan memperhatikan norma yang berlaku.
|
Mengembangkan dan memelihara nilai-nilai pergaulan dengan teman sebaya yang lebih luas secara bertanggung jawab.
|
Aspek
Perkembangan: Kesiapan Diri untuk Menikah dan Berkeluarga
No.
|
TATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
|
SD
|
SLTP
|
SLTA
|
PT
|
1.
|
Pengenalan
|
-
|
-
|
Mengenal norma-norma penikahan dan berkeluarga.
|
Mengkaji secara mendalam tentang norma pernikahan dan kehidupan berkeluarga.
|
2.
|
Akomodasi
|
-
|
-
|
Menghargai
norma-norma pemikahan dan berkeluarga
sebagai landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis.
|
Meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam
pernikahan dan berkeluarga sebagai upaya untuk menciptakan masyarakat yang
bermartabat.
|
3.
|
Tindakan
|
-
|
-
|
Mengekspresikan
keinginannya untuk mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan
berkeluarga.
|
Memiliki kesiapan untuk menikah atau
berkeluarga dengan penuh tanggung jawab.
|
Lampiran 2
Contoh Program Bimbingan Karir dan Konseling
PROGRAM
BIMBINGAN KARIER DAN KONSELING
Sekolah : SMK Tahun Pelajaran :
Program Studi Keahlian : Semua
Jurusan Kelas :
Konselor/Pendidik/
Tenaga Kependidikan :
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Materi Bidang
Pengembangan
|
Waktu
|
|||
Pribadi
|
Sosial
|
Belajar
|
Karier
|
|||
1
|
Orientasi
|
§
Pengenalan
industri
§
Organisasi
dan manajemen industri
|
Kegiatan Kelompok
|
Fasilitas industri
|
Perusahaan, Pabrik, Industri
|
|
2
|
Informasi
|
§
Pemahaman
diri
§
Bakat,
Minat
§
Hubungan
industrial
|
Pemahaman terhadap orang lain
|
Belajar hidup mandiri
|
§
Jenis
pekerjaan
§
Syarat
pekerjaan
§
Pengupahan
§
Mogok
kerja
§
Jaminan
sosial
§
Pemutusan
hubungan kerja
|
|
3
|
Layanan penempatan/ penyaluran
|
§
Praktek
industri
§
Magang
|
Diskusi Kelompok
|
Kegiatan lapangan
|
Pengembangan Karier
|
|
4
|
Penguasaan Konten
|
§
Mengambil
keputusan
§
Mematuhi
aturan perusahaan
§
Budaya
kerja
|
§ Menyampaikan
pendapat
§ Organisasi (Serikat Buruh & Serikat Kerja)
|
§ Membuat karya tullis
§ Perjanjian kerja
|
§
Mempertimbangkan
dan memilih pendidikan sesuai dgn arah karier
|
|
5
|
Konseling
pribadi
|
Pengungkapan
masalah pribadi
|
Pengungkapan
masalah sosial
|
Pengungkapan
masalah belajar
|
Pengungkapan
masalah karier
|
|
6
|
Layanan
Bimbingan Kelompok
|
§
Potensi
diri
§
Kiat
menyalurkan bakat & minat
|
§ Peristiwa social
§ Mogok kerja
§ Bentrok antar
personil
|
§ Kita-kiat belajar
sendiri
§ Kiat belajar
kelompok
|
§
Masalah
pengangguran
§
Lowongan
pekerjaan
§
PHK
|
|
7
|
Koselling
Kelompok
|
Pengentasan
masalah pribadi
|
Pengentasan
masalah sosial
|
Pengentasan
masalah belajar
|
Pengentasan
masalah karier
|
|
8
|
Layanan
konsultasi
|
Pemberdayaan pihak lain membantu peserta didik dalam
pengembangan pribadi
|
Pemberdayaan pihak lain membantu peserta didik dalam
pengembangan kemampuan sosial
|
Pengembangan
kemampuan masalah belajar
|
-
|
|
9
|
Layanan
Mediasi
|
-
|
Upaya
mendamaikan pihak tertentu antara serikat pekerja, serikat buruh dengan
pengusaha (bipatrit)
|
-
|
-
|
|
10
|
Aplikasi
instrumentasi
|
§
Tes
§
Non
tes untuk mengungkapkan masalah pribadi
|
§
Tes
§
Non
tes
|
§
Tes
§
Non
tes
|
§
Tes
§
Non
tes
|
|
11
|
Himpunan
Data
|
Riwayat
Hidup
|
Data
hubungan sosial
|
§
Riwayat
pendidikan
§
Transkip
nilai
|
§
Jurusan
yang di ambil
§
Masalah
karier
§
Pengembangan
karier
|
|
12
|
Konferensi
Kasus
|
Pengupahan
|
Konflik
|
§
Mutu
tenaga kerja
§ Sulit memenuhi tuntutan dunia kerja
|
Pengembangan
karier
|
|
13
|
Kunjungan
Rumah
|
Pertemuan
dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi
|
Masalah
sosial
|
Masalah
belajar
|
Masalah
karier
|
|
14
|
Tampilan
kepustakaan
|
Mengarahkan siswa ke perpustakaan untuk
mengembanngkan aspek pribadi
|
Aspek
sosial
|
Aspek
belajar
|
Aspek
Karier
|
|
15
|
Penanganan
Kasus
|
Penanganan
kasus masalah pribadi
|
Masalah
sosial
|
Masalah
belajar
|
§
Masalah
Karier
§
Sarana
Hubungan Industrial
|
|
Jakarta, ……………….
Konselor/Pendidik/Tenaga
Kependidikan,
Keterangan:
1. Program Bimbingan Karir dan Konseling di atas merupakan
rancangan program selama 3 atau 4 tahun. SMK dapat menjabarkan lebih rinci ke
dalam program tahunan, bulanan, mingguan dan harian sesuai dengan kondisi
sekolah.
2. Khusus untuk materi hubungan industrial mengacu pada
Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menakertrans (Nomo MOU/014/DP/II/2007),
Mendiknas (Nomor KEP.104/MEN/II/2007) dan Ketua Umum Kadin Indonesia (Nomor
01/II/KB/2007).
Lampiran 3
Contoh Program
Semesteran Bimbingan Karir dan Konseling
PROGRAM SEMESTERAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
SEKOLAH/MADRASAH : TAHUN AJARAN :
KELAS : KONSELOR :
Kompetensi Keahlian :
No
|
Kegiatan
|
Materi Bidang
Pengembangan
|
|||||||
Semester I
|
Semester II
|
||||||||
Pribadi
|
Sosial
|
Belajar
|
Karir
|
Pribadi
|
Sosial
|
Belajar
|
Karir
|
||
1.
|
Layanan Orientasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Layanan Informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Layanan Penempatan/Penyaluran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Layanan Penguasaan Konten
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Layanan Konseling Perorangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Layanan Konseling Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Layanan Konsultasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Layanan Mediasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Aplikasi Instrumentasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Himpunan Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Konferensi Kasus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Kunjungan Rumah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
Tampilan Kepustakaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
Alih Tangan Kasus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
....................,....................................
Konselor/Pendidikan
Lampiran
4
Contoh Program Bulanan Bimbingan Karir dan Konseling
PROGRAM BULANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
SEKOLAH/MADRASAH : TAHUN AJARAN :
KELAS : KONSELOR :
Kompetensi Keahlian :
No
|
Kegiatan
|
Materi Bidang
Pengembangan
|
|||||
Semester I
(Juli-Desember 2006)
|
|||||||
Bulan I
|
Bulan II
|
Bulan III
|
Bulan IV
|
Bulan V
|
Bulan VI
|
||
1.
|
Layanan Orientasi
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Layanan Informasi
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Layanan Penempatan/Penyaluran
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Layanan Penguasaan Konten
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Layanan Konseling Perorangan
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Layanan Konseling Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Layanan Konsultasi
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Layanan Mediasi
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Aplikasi Instrumentasi
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Himpunan Data
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Konferensi Kasus
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Kunjungan Rumah
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
Tampilan Kepustakaan
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
Alih Tangan Kasus
|
|
|
|
|
|
|
....................., ......................
Konselor/Pendidik/Tenaga Kependidikan
..........................................................
Lampiran 5
Contoh Program Mingguan Bimbingan Karir dan Konseling
PROGRAM MINGGUAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
SEKOLAH/MADRASAH : BULAN :
KELAS : MINGGU :
KOMPETENSI KEAHLIAN :
No
|
Kegiatan
|
Materi Bidang
Pengembangan
|
|||
Pribadi
|
Sosial
|
Belajar
|
Karir
|
||
1.
|
Layanan Orientasi
|
|
|
|
|
2.
|
Layanan Informasi
|
|
|
|
|
3.
|
Layanan Penempatan/Penyaluran
|
|
|
|
|
4.
|
Layanan Penguasaan Konten
|
|
|
|
|
5.
|
Layanan Konseling Perorangan
|
|
|
|
|
6.
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
|
|
|
|
7.
|
Layanan Konseling Kelompok
|
|
|
|
|
8.
|
Layanan Konsultasi
|
|
|
|
|
9.
|
Layanan Mediasi
|
|
|
|
|
10.
|
Aplikasi Instrumentasi
|
|
|
|
|
11.
|
Himpunan Data
|
|
|
|
|
12.
|
Konferensi Kasus
|
|
|
|
|
13.
|
Kunjungan Rumah
|
|
|
|
|
14.
|
Tampilan Kepustakaan
|
|
|
|
|
15.
|
Alih Tangan Kasus
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 6
Contoh Rencana Program Harian Bimbingan Karir dan Konseling
|
|
ü Satuan Layanan (SATLAN)
ü Satuan Kegiatan
Pendukung (SATKUNG)
No
|
Tanggal/
Waktu
|
Jam
Pemb
|
Sasaran Kegiatan
|
Kegiatan
Layanan/
Pendukung
|
Materi Kegiatan
|
Alat Bantu
|
Tempat
|
Pelaksana
|
Keterangan
|
1.
|
24 Juli 2006
10.00–11.30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
24 Juli 2006
11.45–13.15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
25 Juli 2006
10.15–11.45
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
25 Juli 2006
11.45–13.15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
26 Juli 2006
10.00–11.30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
26 Juli 2006
16.00- ...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
26 Juli 2006
16.00- ...
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
8.
|
27 Juli 2006
16.00- ...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
28 Juli 2006
16.00 - ...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
29 Juli 2005
15.00 - ...
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
11.
|
29 Juli 2005
16.00 - ...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 7
Contoh Lapelprog
LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM
|
|
No.
|
Tanggal Kegiatan
|
Jam
Pemb.
|
Sasaran Kegiatan
|
Kegiatan Layanan/ Pendukung
|
Materi Kegiatan
|
Evaluasi
|
|
Hasil
|
Proses
|
||||||
1.
|
24 Juli 2006
10.00–11.30
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
24 Juli 2006
11.45–13.15
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
25 Juli 2006
10.15–11.45
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
25 Juli 2006
11.45–13.15
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
26 Juli 2006
10.15–11.45
|
|
|
|
|
|
|
6
|
26 Juli 2006
16.00-17.15
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
26 Juli 2006
16.00–17.30
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
27 Juli 2006-16.00-17.30
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
28 Juli 2006
16.00–17.40
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
29 Juli 2006
15.00–16.30
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
29 Juli 2005
16.00-17.15
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin