SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah :
Kelas / Semester :
X/ 2
Tahun :
2011/2012
A.Topik permasalahan
|
Motivasi Berprestasi
|
B. Standar Kompetensi
|
Merencanakan dan
mengembangkan motivasi diri
|
C. Kompetensi Dasar
|
Memiliki sikap,kebiasaan dan
keterampilan belajar yang efektif dan efesien serta produktif, dengan sumber
belajar yang lebih bervariasi dan kaya
|
D. Tugas Perkembangan
|
Mengembangkan Penguasaan ilmu,
teknologi dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karier atau melanjutkan pendidikan tinggi,
serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas
|
E. Bidang Bimbingan
|
Bimbingan Karier, pribadi
|
F. Jenis Layanan
|
Layanan Penguasaan Konten
|
G. Fungsi Layanan
|
Pengembangan
|
H. Tujuan
|
-
Siswa dapat memahami filosofi motivasi
-
Siswa dapat mengenali ciri-ciri motivasi berprestasi
yang tinggi
|
I.Sasaran Layanan
|
Siswa kelas X
|
J. Uraian Kegiatan
|
Alternatif:
a. Klasikal, dengan
ceramah, tanya jawab
b. Bimbingan
Pribadi, melalui konsultasi secara individual
c. Bimbingan kelompok,
memecahkan masalah dengan diskusi
d. Tugas
1. Tugas Terstruktur ( TT )
a. Sumber belajar
- Referensi :
Modul dan buku materi BK kelas
X
- Bahan Ajar
: Lembar kerja
b. Metode
- Diskusi, tanya jawab
2. Tugas Mandiri Tidak
Terstruktur ( TMTT )
Materi meliputi;
-
Pengertian Motivasi
-
Filosofi Motivasi
-
Tanda orang yang memiliki motivasi kesuksesan tinggi
|
|
|
K. Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas
|
L. Waktu
|
2 X 45 menit
|
M. Seting Pelayanan BK
|
a. Pendahuluan
- Melakukan apersepsi
- Memberikan pengertian umum
motivasi dan filisofi Motivasi
b. Inti
-
Siswa diminta untuk menggambarkan dan membedakan
antara motivasi instrinsik dan ekstrinsik serta mampu memberi contoh dalam
kegiatan sehari-hari
-
Siswa diminta untuk menilai dirinya sendiri termasuk
golongan manakah ia dalam kategori siswa Motivasi Berprestasi
c. Penutup
-
Memberikan
kesimpulan
-
Pemberian tugas tidak terstruktur dengan menuliskan
kisah kisah orang yang bermotivasi tinggi
|
N. Penyelenggara Layanan
|
Hadi Pranoto
|
O. Pihak-pihak yang disertakan
|
|
P. Alat dan Perlengkapan
|
Buku , Spidol, Whiteboard, LCD
|
Q. Rencana Penilaian
|
Laijapang
|
R. Rencana Tindak Lanjut
|
Konsultasi dan Diskusi kelompok
|
S. Catatan Khusus
|
|
Mengetahui
Dosen Pembimbing Mikro
Drs.H.SUKIRMAN, M.Pd
|
Metro, ... 2012
Mahasiswa BK
HADI PRANOTO
NPM.09130491
|
Motivasi Berprestasi
1. Pengertian Motivasi
Motvasi adalah daya penggerak
didalam diri seseorang untuk berbuat sesuatu.(Juhri. 2009)
Motivasi merupakan kondisis
internal individu yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Peran Motivasi
adalah sebagai pemasok daya atau energi untuk bertingkah laku secara
terarah ( Gleitman 1986, Reber 1988
dalam Muhibinsyah,2000 )
2. Filosofi Motivasi
a. Pada hakekatnya motivasi diyakini sebagai hasil penguatan
( Reinforcement )
b. dorongan seseorang untuk
menunjukkan bahwa dirinya positif ( Seseorang yang baik ) adalah motivasi untuk
mendapatkan standar kepuasan diri ( Cognitive dissonance )
- Teori Atribusi menemukan dua fenomena motivasi :
–
Siswa yang
meyakini bahwa sukses atau gagal itu disebabkan oleh faktor kemampuan dan usaha
dalam diri ( Internal )
–
Siswa yang
percaya bahwa berhasil atau gagal itu disebabakan oleh faktor luar diri (
eksternal ). Keyakinan inilah yang perlu diluruskan
- Teori Self-Worth
Seorang individu
itu belajar dari persepsi masyarakat bahwa seseorang itu di nilai dihargai
karena prestasinya. Kegagalan akan membuat perasaan diri yang tidak berharga
- Teori Ekspektasi
Motivasi
seseorang tergantung pada peluang/ besarnya kemungkinan berhasil dan bagaimana
makna suatu keberhasilan itu bagidirinya
f. Teori Humanistik
Dorongan jiwa
tergerak karena seseorang inginmemenuhi kebutuhan-kebutuhanya. Kebutuhan yang
menggerakkan orang bertingkah laku adalah ;
1.
Kebutuhan fisik ( Makan, Minum )
2.
kebutuhan rasa aman
3.
Kebutuhan untuk dikasihi
4.
kebutuhan untuk memperoleh pengakuan
5.
Kebutuhan ingin tahu
6.
kebutuhan untuk mendapatkan keindahan
7.
Kebutuhan ingin mewujudkan diri untuk menjadi apapun
yang diinginkan
3.
Motivasi
Instrinsik dan ekstrinsik
Secara umum motivasi dapat dibedakan dua jenis yaitu;
a.
Motivsi intrinsik yaitu doronganyang bersumber dari
dalam diri sesorang
b.
Motivasai Ekstrinsik adalah dorongan untuk berbuat sesuatu
yang berasal dari luar diri
4. Motivasi berprestasi
termasuk
golongan manakah anda dari kategori ini
- orang Santai saja
- Orang yang selalu pro aktif
Pastikan Motivasi anda tinggi
tanda-tandanya antara lain;
- Lebih suka atau puas terhadap prestasi hasil usaha sendiri
- sukses bukan karena nasib mujur
- kegagalan bukan berarti sial
- Suka tantangan
- Memilih pekerjaan dengan seksama
- Selalu mengevaluasi dan mencari umpan balik
Sumber :
AM, Juhri.2009. Landasan Dan Wawasan Pendidikan Suatu Pendekatan Kompetensi Guru.
Jakarta : LIMLIT UM Metro Press.
Tugas
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin