KOMUNIKASI TIDAK EFEKTIF
Sebelum mengetahui lebih dalam komunikasi tidak efektif saya akan
menjelaskan tentang komunikasi terlebih dahulu. Komunikasi itu berdasarkan baik
dan tidak penyampaiannya, dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
1. komunikasi efektif
2. komunikasi tidak efektif.
Disini saya akan menjelaskan
berdasarkan tugas adalah: pada bagian ke-2 yaitu “Komunikasi Tidak Efektif”.
Sebelum mengarah ke pokok bahasan saya akan menjelaskan berbagai macam
pengertian komunikasi dari fersi lain.
Pengertian
Komunikasi
Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”), secara etimologi atau menurut asal katanya adalah
dari bahasa latin communikatus, dan
perkataan ini bersumber pada kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau
‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan kebersamaan atau
kesamaan makna.
Komunikasi secara etimologis merujuk pada adnya proses penyampaian suatu
pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlihat adalah manusia. Karena itu merujuk
pada pengertian
“komunikasi manusia yaitu : bahwa komunikasi manusia adalah proses yang
melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok organisasi dan
masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan
lingkungan satu sama lain.”(Ruben dan Steward,(1998:16))
Untuk memahami pengertian komunikasi tersebut sehingga dapat di lancarkan
secara efektif dalm Effendy (1994:10).
Bahwa para peminat komuikasi seringkali mengutip paradigma yang dikemukakan oleh
Harold Lasswell dalam karyanya, “The Structure and Function of Communication
in Society”.
Lasswell mengatakan bahwa cara
yang baik untuk menjelaskan komunikasi ialah dengan menjawab pertanyaan sebagai
berikut:
1. Who says what in
2. Which channel to
3. Whom whit what effect?
Paradigma Lasswell di atas
menunjukkan bahwa komunikasi meliputi lima
unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu, yaitu :
1. Komunikator (siapa yang mengatakan?)
2. Pesan (mengatakan apa?)
3. Media ( melalui
saluran/channel/media apa?)
4. Komunikan (kepada siapa?)
5. Efek (dengan dampak/efek
apa?)
Jadi berdasarkan paradigma Lasswell tersebut, secara sederhana
proses komunikasi adalah : pihak komunikatar membentuk (encode) pesan dan
penyampaiannya melalui sesuatu saluran tertentu .
Komunikasi adalah : proses
dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan
maksud untuk mengubah tingkah laku.
Pengertian
Komunikasi Tidak Efektif
Komunikasi tidak efektif adalah : penerima pesan oleh komunikan (receiver)
tidak sesuai dengan pesan yang dikirim oleh komunikator (sender), kemudian
komunikasi tidak memberikan respon yang positif sesuai dengan yang diharapkan
tidak memahami apa yang dibicarakan, tidak mengerti apa yang dimaksud sering
terjadi salah paham tentang isi pesan antara pengirim dan penerima pesan maka
terjadilah komunikasi yang tidak efektif ini.
Pengertian komunikasi tidak efektif dalam hal di bidang/pada sisi lain
yaitu perusahaan.
~ Komunikasi tidak efektif
adalah : sebuah proses dimana anda mengirim atau menerima pesan dengan tidak
mengetahui benar apa arti maksud pesan itu. Ketika seseorang karyawan tidak
dapat menyelesaikan tugas-tugasnya, mungkin saja kegagalan itu disebabkan oleh
komunikasi yang tidak efektif antara atasan dan karyawan.
Pengertian Komunikasi Tidak Efektif Berdasarkan Para Tokoh/Ahli
v “komunikasi tidak efektif terjadi ketika
salah satu sumber tidak menyampaikan pesan dengan baik kepada penerima dengan
niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima”.(Gerald R. Miller)
v “komunikasi tidak efektif adalah : proses
yang memungkinkan seseorang (komunikator) tidak menyampaikan rangsangan
(biasanya lembaga-lembaga verbal) untuk mengubah prilaku orang lain
(komunikate)”.(Carld R. Miller)
v
“setiap tindakan komunikasi tidak efektif
dipandang transmisi informasi tidak ada rangsangan yang diskriminatif, dari
sumber kepada penerima”.(Theodore M.
Newcomb)
v
“setiap proses pembentukan makna diantara dua
orang atau lebih apabila tidak itu berarti komunikasi tidak efektif”.(Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss)
v
“komunikasi tidak efektif adalah : proses yang
tidak memahami dan tidak berbagi makna”.(Judi
C. Pearson dan Paul E. Nelson)
v
“komunikasi tidak efektif adalah : suatu
transaksi tidak dinamis yang tidak melibatkan gagasan dan perasaan”.(William I. Gordon)
v “komunikasi tidak efektif adalah : tidak
berbagi informasi antara dua orang atau lebih”.(Donald Byker dan Loren J.
Anderson)
Unsur-unsur ketidakefektifan yang
ada pada pengirim akibat komunikasi yang buruk :
a.) Komunikator/sender/pengirim
1. tidak menyampaikan pesan
dengan jelas
2. tidak memilih media yang
tepat
3. tidak meminta respon/tidakm
ada respon
4. pesan overload
5. bad timing (prhatian
buruk/tidak penuh)
b.) Komunikan/receiver/penerima
1. tidak konsentrasi
2. tidak memberi feedback
c.) Channel/salura/media
1. not audible
2. not visual
3. not audio
visual
Ø
Aspek-aspek yang terdapat dalam komunikasi tidak
efektif adalah sebagai berikut :
1.
Ketidakjelasan (unclarity)
Maksudnya dalam berkomunikasi
tidak jelas asalnya, pengirimnyan dan kalimatnyapun tidak jelas.
2. Ketidaktepatan (unaccuracy)
Maksudnya dalam berkomunikasi tidak tepat dalam hal waktu, kondisi yang
sesuai. Contoh : orang menelpon malam misalnya jam 01.00 malam posisi orang
tidur nyenyak terganggu dengan suara telepon dan diangkat ternyata hanya orang
iseng-iseng atau mainan dikira orang tersebut ada berita penting karena
mengejutkan saja jadi tidak efektif dan tidak tepat waktunya.
3. Tidak ada kontek (uncontek)
Maksudnya tidak ada tujuan,
omongan (pembicaraan) kalimatnya.
4. Tidak ada Alur (unflow)
Maksudnya tidak menkondisikan dimana dia berada atau tempatnya orang
berkomunikasi itu dilihat adalah supaya efektif dilihat dari cara berbusananya
harus sesuai dengan tempat dan kondisi.
Contoh: undangan ulang tahun
menggunakan baju resmi pasti berkomunikasi akan segan memperhatikan nya dan
terjadi komunikasi yang tidak efektif.
5. Tidak memperhatikan budaya
(unattention culture)
Contoh: dalam berkomunikasi
dimisalkan yang satu orang jawa dan yang satu orang belanda sama-sama tidak
bisa bahasa daerah asal masing-masing pasti ini akan memisahkan dalam
komunikasi dan komunikasi tidak efektif karena menggunakan budaya bahasa mereka
yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin