UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SMP NEGERI 1 METRO
Oleh :
HADI PRANOTO
E-mail : hadipranoto41@yahoo.co.id / hadipranoto21@gmail.com
Jurusan
Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Universitas Muhammadiyah Metro
Abstrak : Penelitian
difokuskan pada : Upaya meningkatkan motivasi belajar melalui layanan penguasaan
konten peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2012/2013. Rumusan masalahnnya adalah, apakah layanan penguasaan
konten dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri
1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013, bagaimana aktivitas dan
respon peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2012/2013 terhadap layanan penguasaan konten dalam meningkatkan
motivasi belajar. Tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti, yaitu ingin
mengetahui hasil pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2012/2013, layanan penguasaan konten dapat meningkatkan motivasi
belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2012/2013. Respon peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 terhadap layanan penguasaan konten
dalam meningkatkan motivasi belajar.
Desain
penelitian menggunakan action research
yang diterapkan dalam layanan bimbingan konseling (penelitian tindak layanan).
Subjek dalam penelitian ini, peneliti mengambil peserta didik kelas VII.4 SMP
Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Dari 24 peserta didik
terdapat 10 peserta didik yang mengalami kurangnya motivasi belajar 41,66%.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan metode observasi dan
catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif
dan kuantitatif. Uji validitas dilakukan melalui penilaian pakar/ahli yaitu
guru bimbingan konseling SMP Negeri 1 Metro, teman sejawat yaitu dilakukan
diskusi instrument dengan teman mahasiswa FKIP dengan program studi bimbingan
konseling.Hasil dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hasil yang
diperoleh melalui pelaksanaan layanan pengusaan konten dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semseter Ganjil
Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah terlihat dari perubahan prilaku dan kemampuan
peserta didik dalam peserta didik
menjadi lebih memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan dalam
berprestasi, peserta didik dapat memahami atau memiliki kepercayaan diri dalam
belajar, peserta didik memiliki kemampuan dalam mengatasi kegagalan dalam
belajar, dan peserta didik memiliki daya saing yang baik dalam belajar.Melalui
layanan penguasaan konten yang diberikan oleh guru BK dapat meningkatkan
motivasi belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2012/2013. Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik pada
siklus I dilihat dari rata-rata presentase yaitu sebesar 27,5% dan pada siklus
II sebesar 75%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 47,5%. Respon dan
aktivitas siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2012/2013 terhadap layanan penguasaan konten dalam meningkatkan motivasi
belajar sangat positif, hal itu ditunjukkan dengan partisipasi peserta didik
dalam mengikuti layanan penguasaan konten, motivasi peserta didik dan
antusiasme dalam mengikuti layanan penguasaan konten serta peserta didik
terlihat aktif dalam kegiatan layanan penguasaan konten.
Kata Kunci: Motivasi Belajar,
Layanan Penguasaan Konten
DAFTAR
PUSTAKA
Abkin. 2006. Panduan Pengembangan Diri Untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Asosiasi Bimbingan dan Konseling
Indonesia.
Ahmadi, Abu dan Supriyono,
Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
AM, Juhri. 2009. Landasan dan Wawasan Pendidikan Suatu
Pendekatan Kompetensi Guru. Metro Lampung: Lembaga Penelitian UM Metro
Press.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung:
Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
________________. 2011.Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan
dan Konseling. Yogyakarta : Aditya Media.
Dimyati dan Mudjiono.
2002. Motivasi Belajar (dalam Buku Belajar
dan Pembelajaran). Jakarta: PT Renika Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Motivasi Belajar (dalam Buku Proses Belajar Mengajar). Bandung : Bumi
Aksara.
Hidayat, Dede Rahmat dan
Badrujaman, Aip. 2012. Penelitian
Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Karwono.1993. Tesis Pemanfaatan Sumber Belajar Bidang
Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V Oleh Guru-guuru SD di Kec. Blimbing
Kotamadya Malang Jawa Timur. Malang: IKIP Malang.
Karwono dan Mularsih, Heni.2010. Belajar
dan Pembelajaran Serta
Pemanfaatan
Sumber Belajar.Ciputat:
Cerdas Jaya.
Moleong. 2007.Metedologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prayitno
dan Amti, Erman. 2004. Dasar-Dasar
Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
_______.
2004. Layanan Penguasaan Konten. Padang
: Univeritas Negeri Padang.
_______.
2006. Seri Kegiatan Pendukung Konseling
P.1-P.6. Padang : Univeritas Negeri Padang.
_______.
2002. Buku Seri II Buku Seri III
Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Jakarta:
PT Bina Sumber Daya MIPA.
_______.
1999. Buku Seri III Pelayanan Bimbingan
dan Konseling Sekolah Menengah Umum (SMU). Jakarta: PT Bina Sumber Daya
MIPA.
Purwoko,
Budi dan Pratiwi, Titin Indah. 2007. Pemahaman
Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya : Unesa University Press.
Sardiman.2009.
Interaksi & Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sukardi,
Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan
Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
_________________dan
Kusmawati, Desak P.E, Nila. 2008. Proses
Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Santoso,
Slamet. 2010. Teori-Teori Psikologi
Sosial. Bandung : Refika Aditama.
Suryabrata,
Sumadi. 2007. Psikologi Pendidikan.
Jakarta : PT Raja Grafindo
Persada
Tohirin.
2009, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan
Madrasah (Bebasis Intergrasi).
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Universitas
Muhammadiyah Metro. 2008. Pedoman
Penulisan Karya Ilmiah. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.
Uno, Hamzah B.
2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya
Analisis di Bidang
Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Willis,
Sofyan S..2010. Konseling Individual
Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin