|
|
LAPORAN
KONSELING
No.Kode : 1/Kln.P Pertemuan ke :1
|
1. Identitas Pribadi
1.1.
Nama : ES (nama
kode)
1.2. Jenis Kelamin : Perempuan
1.3. Umur/Tgl. Lahir : 19 Tahun
1.4. Pendidikan/Pekerjaan : Mahasiswi Semester IV
1.5. Status Perkawinan : Belum Menikah
1.6. Agama :
Islam
2. Masalah Klien
a. Klasifikasi
JDK
|
|
|
DPI
|
√
|
|
HSO
|
|
|
EDK
|
|
|
KDP
|
|
|
HKP
|
|
2.1.1. Umum:
ANM
|
|
|
HMM
|
|
|
HMP
|
|
|
KHK
|
|
|
WSG
|
|
|
PDP
|
|
2.1.2. Belajar:
P
|
|
|
T
|
√
|
|
S
|
|
|
D
|
√
|
|
L
|
√
|
b. Spesifikasi :
-
Merasa dirinya rendah diri dan tidak
percaya diri dalam belajar
-
Sulit mengungkapkan dan takut berbicara
dalam diskusi di kampus.
3. Gejala
MASIDU (Lima Kondisi Individu)
3.1.1.
Rasa Aman : Terganggu :sedih dan
takut,malu, bimbang/bingung
3.1.2.
Kompetensi : Belum berkembang :
terbatasnya pengetahuan dan
pemahaman diri klien dalam belajar di kampus,
tidak pun-
nya
cukup keberanian untuk berpendapat, tidak tahu apa
yang harus diperbuat.
3.1.3. Aspirasi : Menginginkan kembali ke masa SMA
(mendapat prestasi,
tidak
ada persentasi kelompok/individu, dan mendapat bea-
siswa).
3.1.4. Semangat : Klien bersunguh-sunguh untuk berani
dan mencoba untuk
bisa
berpendapat dan tidak malu, setidaknya sudah ada
usaha
yang dilakukan walau tidak seperti di SMA.
3.1.5.
Kesempaan : Jika ada di kampus,
klien akan mencoba untuk berbicara
dihadapan
orang banyak dan menyampaikan pendapatnya
walaupun
takut dan terpaksa, untuk memberanikan diri
praktik
demi matakuliah praktik yang akan dilalui di
semester
selanjutnya.
LIKULADU (Lima Kekuatan Di Luar Diri
Individu)
3.2.1.
Gizi :
Cukup.
3.2.2. Pendidikan : Cukup memadai.
3.2.3. Perlakuan & Sikap : Peduli dan akrab dengan teman
orang lain
3.2.4. Budaya :Kebiasaan lebih banyak diam kalau di
kampus,
tetapi
kalau di rumah suka berbicara dan bercanda
maupun
sharing.
3.2.5. Kondisi insidental :Mata berkaca-kaca
TLSS (Tingkah Laku Salah Suai) : Diam dan menunda-nuda mengerjakan tugas
MASIDU
|
PEMBINAAN
|
TEKNIK
|
Rasa Aman
|
· Menumbuhkan sikap berani berbicara dan rasa percayab diri kepada klien
dan minimkan rasa rendah dirinya.
· Belajar untuk tidak malu berbicara.
· Berusaha membuka diri untuk selalu bertanya kepada teman yang lebih bisa.
|
· Memberikan gambaran dan stimulan mengajak klien berfikir apa dampak
positif dari percaya diri dan apa dampak negatif jika tidak percaya diri.
· Memberikan reinforcement.
· Mengonfrontasikan dan pemfrustasian.
· Pemberian contoh-contoh orang yang percaya diri untuk dijadikan sebagai
model of picture insight.
· 3M.
|
Kompetensi
|
· Informasi tentang sikap percaya diri
· Informasi tentang kemampuan diri dan cara meyakinkan diri.
· Memberi tips-tips dan wawasan baru dalam hal penyesuaian diri di kampus dan
cara menumbuhkan sikap percaya diri dan meminimkan rasa rendah diri.
|
· Pemberian informasi bahwa setiap individu itu memiliki kelemahan dan
kelebihan masing-masing, dan percaya diri itu bisa dilatih.
· Pemberian penguatan, motive dorongan. contoh pripadi dan para tokoh.
|
Aspirasi
|
· Mendorong klien agar selalu positve thinking dan segera untuk bisa
melakukan dengan tindakan.
|
· Pemberian penguatan
|
Semangat
|
· Memotivasi klien untuk lebih berani berbicara dan bertindak secara baik
untuk menghadapi teman-teman di muka umum atau di kalangan kelas (kampus).
|
· Pemberikan dormin, penguatan, pemberian gambaran positive dan negativenya
apabiala terus membiarkan sikap percaya diri dan rendah diri tersebut.
· Gusrat.
|
Kesempatan
|
· Memberikan waktu kepada klien untuk berkomitmen dan untuk menemukan
alternatif-alternatif diri yang ditimbulkan diri klien.
|
· Memberikan kesempatan.
· Reinforcement.
· Peneguhan hasrat.
· Refleksi isi dan perasaan.
·
|
Tidak Langsung : LIKULADU
LIKULADU
|
PEMBINAAN
|
TEKNIK
|
Gizi
|
Gizi cukup seimbang, makan sedikit kalau di rumah sehari 2x karena malas
makan sudah kenyang. Fisik langsing dan nampak lesu.
· Mengarahkan klien agar makan secara teratur meski terasa kenyang,
maksimal makan 3x dalam sehari.
· Menekankan bahwa makan adalah kebutuhan ntuk tetap hidup dan menjaga
kesehatan.
|
· Pemberian informasi pentingnya menjaga kesehatan dan makan secara
teratur,
· Memberikan conpri kalau tidak makan atau telat makan akibatnya sakit.
|
Pendidikan
|
· Pengarahan dan megajak klien untuk berfikir positif thinking dan selalu
optimis.
|
· Informasi, memberikan contoh-contoh, reinforcement.
|
PSO
|
· Meneguhkan supaya semakin bisa bersabar untuk mengembangkan rasa percaya
diri pada diri sendiri,.
|
· Informasi, Conpri.
|
Budaya
|
Kebiasaan lebih banyak diam kalau di kampus,tetapi kalau di rumah suka
berbicara dan bercanda maupun sharing.
· Menumbuhkan budaya berpikir positif dan sikap yang sama baik di rumah,
kampus maupun lingkungan masyarakat.
|
· Pendekatan umum dan khusus.
· konfrontasi.
|
Koin
|
· Menjaga sikap yang wajar terhadap teman-teman di kampus dan selalu ada
kemauan untuk bertindak.
|
· Sudim.
· Memberikan contoh-contoh,gusrat dan berfikir BMB3 dan kontak psikologis.
|
5. Penilaian/Prospek :
Penilaian : P3K
P1 : Understanding
(Pemahaman baru)
Klien berani mencoba untuk untuk bicara di
depan kelas dan mengatakan
“saya pasti bisa” orang lain bisa percaya diri
dan optimis kenapa tidak, dan
berkonsultasi dengan saya
lagi apabila masih belum bisa percaya diri dan
berani praktik berbicara di muka orang
banyak khususnya di ruang kelas
kampus.
P2 : Refleksi bagaimana
perasaan klien setelah proses konseling.
Klien merasa lega dan sudah mulai menunjukan
kemauan untuk berubah
dan bersemangat untuk merubah diri ke
arah yang lebih baik.
P3 : Action (Tindakan)
kegiatan yang akan dilakukan
klien untuk tindak lanjut mengatasi masalah
yang dialami oleh klien.
Klien akan berusaha memberanikan
diri untuk berbicara di depan orang
banyak khususnya di kampus dan akan selalu
mencoba untuk berbuat dan
bersikap positif thinking tanpa
harus mengingat masa lalu yang tidak baik,
masa lalu hanya untuk pengalaman
dan batu loncatan untuk di masa depan.
Prospek :
Klien Optimis dan meyakinkan
dirinya bahwa dirinya pasti bisa jika hal itu terulang dikemudian demi masa
depanya.
Pemberi
Layanan/Mahasiswa BK
UM
Metro
Hadi Pranoto
NPM.09130491
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Masukan anda dan kritik anda sangat berarti demi kemajuan saya terimakasih atas saran-saran dari anda semua semoga bermanfaat bagi saya dan kita semua.... Amiin