Jumat, 27 April 2012

STANDAR KOMPETENSI DALAM BIMBINGAN KONSELING DAN PROGRAM LAIN2


STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK

Aspek Perkembangan: Landasan Hidup Religius

No.
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal bentuk-bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari.
Mengenal arti dan tujuan ibadah.
Mempelajari hal ihwal ibadah.
Mengkaji lebih dalam tentang makna kehidupan beragama.
2.
Akomodasi
Tertarik pada kegiatan ibadah sehari-hari.
Berminat mempelajari arti dan tujuan setiap bentuk ibadah.
Mengembangkan pemikiran tentang kehidupan beragama.
Menghayati nilai-nilai agama sebagai pedoman dalam berperilaku.
3.
Tindakan
Melakukan bentuk-bentuk ibadah sehari-hari.
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri.
Melaksanakan ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi.
Ikhlas melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan.

Aspek Perkembangan: Landasan Perilaku Etis

No.
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal patokan baik-buruk atau benar-salah dalam berperilaku.
Mengenal alasan perlunya menaati aturan/norma berperilaku.
Mengenal keragaman sumber norma yang berlaku di masyarakat.
Menelaah lebih luas tentang nilai-nilai universal dalam kehidupan manusia.
2.
Akomodasi
Menghargai aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
Memahami keragaman aturan/patokan berperilaku dalam konteks budaya.
Menghargai keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan.
Menghargai keyakinan nilai-nilai sendiri dalam keragaman nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.
3.
Tindakan
Mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam lingkungannya.
Bertindak atas pertimbangan
diri terhadap norma yang berlaku.
Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek etis.
Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek nilai dan berani menghadapi risiko dari
keputusan yang diambil.

Aspek Perkembangan: Kematangan Emosi
No.
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain.
Mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar.
Mempelajari cara-cara menghindari konflik dengan orang lain.
Mengkaji secara objektif perasaan-perasaan diri dan orang lain.
2.
Akomodasi
Memahami perasaan-perasaan diri dan orang lain.
Memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan orang lain.
Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain.
Menyadari atau mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan konsekuensi atas ekspresi perasaan.
3.
Tindakan
Mengekspresikan perasaan secara wajar
Mengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan kontekstual
Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas terbuka dan tidak menimbulkan konflik
Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik dan mampu berfikir positif


Aspek Perkembangan: Kematangan Intelektual

No.
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan dan perilaku belajar.
Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.
Mengembangkan cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah berdasarkan infomasi/data yang akurat.
2.
Akomodasi
Menyenangi berbagai aktifitas perilaku belajar.
Menyadari adanya risiko dan pengambilan keputusan
Menyadari akan keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya.
Menyadari pentingnya menguji berbagai altematif keputusan pemecahan masalah secara objektif.
3.
Tindakan
Meiibatkan diri dalam berbagai aktiftas perilaku belajar.
Mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan risiko yang mungkin terjadi.
Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/data secara objektif.
Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/data secara objektif serta bermakna bagi dirinya dan orang

Aspek Perkembangan: Kesadaran Tanggung Jawab Sosial

No.
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal hak dan kewajiban diri sendiri dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.
Mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.
Mempelajari keragaman interaksi sosial,
Mengembangkan pola-pola perilaku sosial berdasarkan prinsip kesamaan (equality).
2.
Akomodasi
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam lingkungan kehidupan sehari- hari.
Menghargai nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari.
Menyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi sosial.
Menghayati nilai-naai kesamaan (equality) sebagai dasar bernteraksi dalam kehidupan masyarakat luas.
3.
Tindakan
Berinteraksi dengan orang lain dalam suasana persahabatan.
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup.
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan (equality).
Memelihara nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam
berinteraksi dengan orang lain.

Aspek Perkembangan: Kesadaran Gender

No.
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan.
Mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan.
Mempelajari perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan.
Merperkaya perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan.
2.
Akomodasi
Menerima atau menghargai diri sebagai laki-laki atau perempuan.
Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan sehari-hari.
Menghargai keragaman peran laki-laki atau perempuan sebagai asset kolaborasi dan keharmonisan hidup.
Menjunjung tinggi nilai-nilai kodrati laki-laki atau perempuan sebagai dasar dalam kehidupan sosial.
3.
Tindakan
Berperilaku sesuai dengan peran sebagai laki-laki atau perempuan.
Berinteraksi dengan lain jenis secara kolaboratif dalam memerankan peran jenis.
Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran.
Memelihara aktualisasi nilai-nilai kodrati gender dalam kehidupan sosial.

Aspek Perkembangan: Pengembangan Pribadi
No
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal keberadaan dalam lingkungan dekatnya.
Mengenal kemampuan dan keinginan diri.
Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial.
Mempelajari berbagai peluang pengembangan diri.
2.
Akomodasi
Menerima keadaan did sebagai bagian dad lingkungan.
Menerima keadaan diri secara positif.
Menerima keunikan diridengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Meyakini keunikan diri sebagai aset yang harus dikembangkan secara harmonis dalam kehidupan.

3.
Tindakan
Menampilkan perilaku sesuai dengan keberadaan diri dalam lingkungannya.
Menampilkam perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam Iingkungannya.
Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman.
Mengembangkan aset diri secara harmonis dalam kehidupan.


Aspek Perkembangan: Perilaku Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonomis)

No
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya.
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
Mempelajari strategi dan peluang untuk berperilaku hemat, ulet, sungguh- sungguh, dan kompetitif dalam keragaman kehidupan.
Memperkaya strategi dan mencari peluang dalam berbagai tantangan kehidupan.
2.
Akomodasi
Memahami perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya.
Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet , sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
Menerima nilai-nilai hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetettif sebagai aset untuk mencapai hidup mandiri.
Meyakini nilai-nilai hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif sebagai aset untuk mencapai hidup mandiri dalam keragaman dan saling ketergantungan.
3.
Tindakan
Menampilkan perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya
Membiasakan din hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
Menampilkan hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri.
Memelihara perilaku kemandirian dalam keragaman dan saling ketergantungan kehidupan.

Aspek Perkembangan: Wawasan dan Kesiapan Karir
No.
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan .
Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri.
Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan altematif karir yang lebih terarah.
Memperkaya informasi yang terkait dengan perencanaan dan pilihan karir.
2.
Akomodasi
Menghargai ragam pekerjaan dan aktivitas orang sebagai hal yang saling bergantung.
Menyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu.
Internalisasi nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karir.
Meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam pilihan karir sebagai landasan pengembangan karir.
3.
Tindakan
Mengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan.
Mengidentifikasi ragam alternative pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang mengandung relevansi dengan kemampuan diri.
Mengembangkan altematif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan ragam karir.
Mengembangkan dan memelihara penguasaan perilaku, nilai dan kompetensi yang mendukung pilihan karir.


Aspek Perkembangan: Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya

No.
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
Mengenal norma-norma dalam berinteraksi dengan teman sebaya.
Mempelajari norma-norma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
Mempelajari Cara-cara membina kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman sebaya.
Mengembangkan strategi pergaulan yang lebih intensif sebagai upaya untuk menjalin persahabatan yang harmonis.
2.
Akomodasi
Menghargai norma-norma yang dijunjung tinggi dalam menjalin persahabatan dengan teman sebaya.
Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan.
Menghargai nilai-nilai kerjasama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan dengan teman sebaya.
Meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam persahabatan dengan teman sebaya.
3.
Tindakan
Menjalin persahabatan dengan teman sebaya atas dasar norma yang dijunjung tinggi bersama.
Bekerjasama dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
Mempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlaku.
Mengembangkan dan memelihara nilai-nilai pergaulan dengan teman sebaya yang lebih luas secara bertanggung jawab.


Aspek Perkembangan: Kesiapan Diri untuk Menikah dan Berkeluarga
No.
TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN
SD
SLTP
SLTA
PT
1.
Pengenalan
-
-
Mengenal norma-norma penikahan dan berkeluarga.
Mengkaji secara mendalam tentang norma pernikahan dan kehidupan berkeluarga.
2.
Akomodasi
-
-
Menghargai norma-norma pemikahan dan berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis.
Meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam pernikahan dan berkeluarga sebagai upaya untuk menciptakan masyarakat yang bermartabat.
3.
Tindakan
-
-
Mengekspresikan keinginannya untuk mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan berkeluarga.
Memiliki kesiapan untuk menikah atau berkeluarga dengan penuh tanggung jawab.


Lampiran 2
Contoh Program Bimbingan Karir dan Konseling

PROGRAM BIMBINGAN KARIER DAN KONSELING

Sekolah                             : SMK                                 Tahun Pelajaran   :
Program Studi Keahlian     : Semua Jurusan                  Kelas                  :
Konselor/Pendidik/
Tenaga Kependidikan         :
No
Jenis
Kegiatan
Materi Bidang Pengembangan
Waktu
Pribadi
Sosial
Belajar
Karier
1
Orientasi
§ Pengenalan industri
§ Organisasi dan manajemen industri
Kegiatan Kelompok
Fasilitas industri
Perusahaan, Pabrik, Industri

2
Informasi
§ Pemahaman diri
§ Bakat, Minat
§ Hubungan industrial
Pemahaman terhadap orang lain
Belajar hidup mandiri
§ Jenis pekerjaan
§ Syarat pekerjaan
§ Pengupahan
§ Mogok kerja
§ Jaminan sosial
§ Pemutusan hubungan kerja

3
Layanan penempatan/ penyaluran
§ Praktek industri
§ Magang
Diskusi Kelompok
Kegiatan lapangan
Pengembangan Karier

4
Penguasaan Konten
§ Mengambil keputusan
§ Mematuhi aturan perusahaan
§ Budaya kerja
§ Menyampaikan pendapat
§ Organisasi (Serikat Buruh & Serikat Kerja)
§ Membuat karya tullis
§ Perjanjian kerja
§ Mempertimbangkan dan memilih pendidikan sesuai dgn arah karier


5
Konseling pribadi
Pengungkapan masalah pribadi
Pengungkapan masalah sosial
Pengungkapan masalah belajar
Pengungkapan masalah karier

6
Layanan Bimbingan Kelompok
§ Potensi diri
§ Kiat menyalurkan bakat & minat
§ Peristiwa social
§ Mogok kerja
§ Bentrok antar personil
§ Kita-kiat belajar sendiri
§ Kiat belajar kelompok
§ Masalah pengangguran
§ Lowongan pekerjaan
§ PHK

7
Koselling Kelompok
Pengentasan masalah pribadi
Pengentasan masalah sosial
Pengentasan masalah belajar
Pengentasan masalah karier

8
Layanan konsultasi
Pemberdayaan pihak lain membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi
Pemberdayaan pihak lain membantu peserta didik dalam pengembangan kemampuan sosial
Pengembangan kemampuan masalah belajar
-

9
Layanan Mediasi
-
Upaya mendamaikan pihak tertentu antara serikat pekerja, serikat buruh dengan pengusaha (bipatrit)
-
-

10
Aplikasi instrumentasi
§ Tes
§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi
§ Tes
§ Non tes
§ Tes
§ Non tes
§ Tes
§ Non tes

11
Himpunan Data

Riwayat Hidup
Data hubungan sosial
§ Riwayat pendidikan
§ Transkip nilai
§ Jurusan yang di ambil
§ Masalah karier
§ Pengembangan karier

12
Konferensi Kasus
Pengupahan
Konflik
§ Mutu tenaga kerja
§ Sulit memenuhi tuntutan dunia kerja
Pengembangan karier

13
Kunjungan Rumah
Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi
Masalah sosial
Masalah belajar
Masalah karier

14
Tampilan kepustakaan
Mengarahkan siswa ke perpustakaan untuk mengembanngkan aspek pribadi
Aspek sosial
Aspek belajar
Aspek Karier

15
Penanganan Kasus
Penanganan kasus masalah pribadi
Masalah sosial
Masalah belajar
§ Masalah Karier
§ Sarana Hubungan Industrial


Jakarta, ……………….
Konselor/Pendidik/Tenaga
 Kependidikan,


Keterangan:
1.    Program Bimbingan Karir dan Konseling di atas merupakan rancangan program selama 3 atau 4 tahun. SMK dapat menjabarkan lebih rinci ke dalam program tahunan, bulanan, mingguan dan harian sesuai dengan kondisi sekolah.
2.    Khusus untuk materi hubungan industrial mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menakertrans (Nomo MOU/014/DP/II/2007), Mendiknas (Nomor KEP.104/MEN/II/2007) dan Ketua Umum Kadin Indonesia (Nomor 01/II/KB/2007).

Lampiran 3
Contoh Program Semesteran Bimbingan Karir dan Konseling

PROGRAM SEMESTERAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
SEKOLAH/MADRASAH   :                       TAHUN AJARAN        :
KELAS                           :                       KONSELOR               :
Kompetensi Keahlian       :

No
Kegiatan
Materi Bidang Pengembangan
Semester I
Semester II
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
1.
Layanan Orientasi








2.
Layanan Informasi








3.
Layanan Penempatan/Penyaluran








4.
Layanan Penguasaan Konten








5.
Layanan Konseling Perorangan








6.
Layanan Bimbingan Kelompok








7.
Layanan Konseling Kelompok








8.
Layanan Konsultasi








9.
Layanan Mediasi








10.
Aplikasi Instrumentasi








11.
Himpunan Data








12.
Konferensi Kasus








13.
Kunjungan Rumah








14.
Tampilan Kepustakaan








15.
Alih Tangan Kasus









....................,....................................
 Konselor/Pendidikan

Lampiran 4

Contoh Program Bulanan Bimbingan Karir dan Konseling


PROGRAM BULANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

SEKOLAH/MADRASAH   :                       TAHUN AJARAN        :
KELAS                           :                       KONSELOR               :
Kompetensi Keahlian       :

No
Kegiatan
Materi Bidang Pengembangan
Semester I (Juli-Desember 2006)
Bulan I
Bulan II
Bulan III
Bulan IV
Bulan V
Bulan VI
1.
Layanan Orientasi






2.
Layanan Informasi






3.
Layanan Penempatan/Penyaluran






4.
Layanan Penguasaan Konten






5.
Layanan Konseling Perorangan






6.
Layanan Bimbingan Kelompok






7.
Layanan Konseling Kelompok






8.
Layanan Konsultasi






9.
Layanan Mediasi






10.
Aplikasi Instrumentasi






11.
Himpunan Data






12.
Konferensi Kasus






13.
Kunjungan Rumah






14.
Tampilan Kepustakaan






15.
Alih Tangan Kasus






....................., ......................
Konselor/Pendidik/Tenaga Kependidikan

..........................................................

Lampiran 5
Contoh Program Mingguan Bimbingan Karir dan Konseling

PROGRAM MINGGUAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

SEKOLAH/MADRASAH     :                         BULAN                    :
KELAS                              :                         MINGGU                  :
KOMPETENSI KEAHLIAN  :
No
Kegiatan
Materi Bidang Pengembangan
Pribadi
Sosial
Belajar
Karir
1.
Layanan Orientasi




2.
Layanan Informasi




3.
Layanan Penempatan/Penyaluran




4.
Layanan Penguasaan Konten




5.
Layanan Konseling Perorangan




6.
Layanan Bimbingan Kelompok




7.
Layanan Konseling Kelompok




8.
Layanan Konsultasi




9.
Layanan Mediasi




10.
Aplikasi Instrumentasi




11.
Himpunan Data




12.
Konferensi Kasus




13.
Kunjungan Rumah




14.
Tampilan Kepustakaan




15.
Alih Tangan Kasus




........................,.................................
Konselor/Pendidik/Tenaga Kependidikan

...............................................
 
*) Tergantung pada siswa yang datang/memerlukan layanan
**) Dengan menggunakan AUM UMUM
***) Menggunakan dan menambah koleksi yang ada

 









Lampiran 6
Contoh Rencana Program Harian Bimbingan Karir dan Konseling
BULAN              :
MINGGU           :
 
PROGRAM HARIAN
SEKOLAH/MADRASAH     :
KELAS                                   :
KOMPETENSI KEAHLIAN :
 
BIMBINGAN DAN KONSELING


ü  Satuan Layanan (SATLAN)
ü  Satuan Kegiatan Pendukung (SATKUNG)

No
Tanggal/
Waktu
Jam
Pemb
Sasaran Kegiatan
Kegiatan
Layanan/
Pendukung
Materi Kegiatan
Alat Bantu
Tempat
Pelaksana
Keterangan
1.
24 Juli 2006
10.00–11.30








2.
24 Juli 2006
11.45–13.15








3.
25 Juli 2006
10.15–11.45








4.
25 Juli 2006
11.45–13.15








5.
26 Juli 2006
10.00–11.30








6.
26 Juli 2006
16.00- ...








7.
26 Juli 2006
16.00- ...







-
8.
27 Juli 2006
16.00- ...








9.
28 Juli 2006
16.00 - ...








10.
29 Juli 2005
15.00 - ...







-
11.
29 Juli 2005
16.00 - ...








........................,.................................
Konselor/Pendidik/Tenaga Kependidikan



 
*) Sudah ada perjanjian terlebih dahulu dan materi layanan dikemukakan pada awal pelaksanaan layanan
 



Lampiran 7
Contoh Lapelprog
LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM

 
BIMBINGAN KARIR DAN KONSELING
SEKOLAH/MADRASAH     :
KELAS                                   :              
KOMPETENSI KEAHLIAN:
 
 




No.
Tanggal Kegiatan
Jam
Pemb.
Sasaran Kegiatan
Kegiatan Layanan/ Pendukung
Materi Kegiatan
Evaluasi
Hasil
Proses
1.
24 Juli 2006
10.00–11.30






2.
24 Juli 2006
11.45–13.15






3.
25 Juli 2006
10.15–11.45






4.
25 Juli 2006
11.45–13.15






5.
26 Juli 2006
10.15–11.45






6
26 Juli 2006
16.00-17.15






7.
26 Juli 2006
16.00–17.30






8.
27 Juli 2006-16.00-17.30






9.
28 Juli 2006
16.00–17.40






10.
29 Juli 2006
15.00–16.30






11.
29 Juli 2005
16.00-17.15






........................,.................................
Konselor/Pendidik/Tenaga Kependidikan